Aksi Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Warnai Dies Natalis ke-58 UNY

1
min read
A- A+
read

Guna ikut serta dalam memeriahkan Dies Natalis ke-58 UNY, Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNY menggelar acara “Pemeriksaan Kesehatan” di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY pada Rabu (11/5) bertempat di Gedung LPPM UNY dihadiri oleh Rektor UNY, Para Wakil Rektor serta jajaran pimpinan lainya. Hadir pula Ketua beserta seluruh anggota DWP UNY. Selain acara “Pemeriksaan Kesehatan” ditempat dan diwaktu yang sama digelar pula acara Donor Darah yang diselenggarakan oleh KSR PMI UNY.

Kegiatan yang menggandeng Laboratorium Parahita Diagnostic Center sebagai salah satu mitra kerja UNY akan diikuti oleh 446 orang terdiri dari Tenaga kependidikan yang per Tanggal 1 Mei tahun ini berusia 53 tahun keatas, Dosen berusia 60 tahun keatas per Tanggal 1 Mei tahun ini, para Guru Besar dan para pengemudi di UNY. Adapun yang akan dilakukan pemeriksaan meliputi kadar gula darah sewaktu, kadar kolesterol, Kadar HDL dan Trigliserida (subsidi dari UNY) dan kadar HbalC (non subsidi).

Ketika Memberikan sambutan, ketua DWP UNY Sulastri Sumaryanto mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Rektor UNY karena telah memberi kesempatan kepada DWP UNY untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan kali ini.

“Tujuan utama dari pemeriksaan kesehatan ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan pada keluarga besar UNY,” ujar Sulastri.

Ia juga menambahkan dengan mengetahui kondisi kesehatan pada diri kita, maka dapat sedini mungkin mencegah dan menghindari datangnya penyakit.

Rektor UNY, Profesor Sumaryanto dalam pidato pembukaanya menyambut baik serta merespon positif kegiatan “Pemeriksaan Kesehatan” dan donor darah ini karena merupakan bukti bahwa UNY sangat peduli terhadap hal- hal yang bersifat kemanusiaan.

Pada kesempatan yang sama Sumaryanto juga mengajak seluruh civitas academica UNY yang merasa sehat untuk ikut serta menyumbangkan darahnya pada kegiatan donor darah kali ini.

Hingga akhir acara, total peserta yang melakukan pemeriksaan kesehatan berjumlah sekitar 200 orang dan jumlah pendonor darah 49 orang.  (Khairani Faizah)