UNY Siap Menyambut dan Menfasilitasi 11.031 peserta SNBT-UTBK di Kampus UNY

1
min read
A- A+
read

Dalam rangka memberikan suasana yang nyaman dan kondusif bagi 11.031 peserta yang akan mengikuti SNBT-UTBK tahun 2024 bertempat di Kampus UNY, berbagai kegiatan dilakukan. Mulai dari persiapan dan uji coba perangkat computer yang akan digunakan untuk menunjang kegiatan tersebut pada Kamis dan Jumat (18 dan 19 April 2024) di berbagai tempat di Lab komputer fakultas dan unit. Kegiatan yang dikomandani Ketua Pusat TIK, Dr. Restu Widiatmoko ini berjalan lancar dan sukses.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY, Prof. Dr. Soni Nopembri menyampaikan bahwa dalam rangka untuk memastikan semua perangkat pendukung UTBK siap, baik sarpras maupun SDM yang terlibat sehingga meminimalisir berbagai kendala nantinya, maka dilakukannya berbagai persiapannya dengan uji coba perangkat computer.

Sementara itu, kegiatan lain yang dilakukan oleh Kantor Admisi PMB UNY dalam rangka mempersiapkan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024, yaitu mengadakan workshop peningkatan soft skills layanan helpdesk PMB bagi petugas Helpdesk PMB di Admisi UNY pada Kamis (18/4) dengan mengundang narasumber yang berkompetensi di bidang helpdesk PMB, yaitu Ultivatun Deka Ocvaliana M seorang SEA Deputy Manager Training dan Quality Concentrix dan lulusan dari UNY dan pernah aktif sebagai helpdesk saat masih menjadi mahasiswa UNY.

Ketua Admisi PMB UNY, Dr. Bambang Saptono menjelaskan bahwa peserta UTBK-SNBT di UNY 2024 hanya untuk gelombang 1 berjumlah 11.031 yang dilaksanakan tanggal 30 April, 2,3,4,5 Mei 2024, sedangkan alokasi CBT akan dilaksanakan di FT, LIMUNY, FEB-OMD, FEB, FISHIPOL, DIGILIB, FIPP, FBSB, ULB FBSB, FMIPA, FIKK dengan setiap sessi dapat menampung sejumlah 1.345 orang.

Lebih lanjut Ketua Admisi, mengurai petugas kepengawasan UTBK-SNBT terdiri dari 59 PJL, 59 WPJL, 536 pengawas, 536 Teknisi Ruang, dan tim monev sejumlah 59 orang. Sedangkan petugas system dan staf pendukung meliputi coordinator pelaksana, coordinator TIK, Admin server, teknisi listrik, petugas keamanan, petugas kebersihan, penjaga tas, petugas parker, dokter dan tenaga medis, petugas administrasi dan keuangan, dan panitia/secretariat.

Berbagai fasilitas penunjang juga tidak luput dari perhatian persiapan pelaksanaan UTBK-SNBT diantaranya metal detector, tempat parker kendaraan peserta, tempat penitipan tas peserta, ruang tunggu peserta, area drop off, penunjuk arah menuju lokasi/ruang, cadangan masker bagi peserta, fasilitas Kesehatan, ambjulan, denah lokasi, spanduk, area parker pengantar, jaringan internet, pasokan/jaringan listrik, genset.

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo

IKU