UNY Raih Peringkat Pertama Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha Terdanai

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta meraih prestasi gemilang dalam program yang digelar Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek tahun 2024. UNY meraih peringkat pertama proposal Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Terdanai 2024 sejumlah 19 buah dan meraih peringkat ke-7 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang yang lolos didanai tahun 2024 sejumlah 62 buah.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Soni Nopembri merasa bersyukur atas capaian ini. “Program P2MW merupakan salah satu program unggulan MBKM” katanya, Minggu (28/4). Ini merupakan peningkatan dari tahun lalu dimana tahun 2023 UNY mendapat 14 buah P2MW yang terdanai dan tahun ini meningkat menjadi 19 buah. Harapannya para mahasiswa akan lebih bersemangat melakukan P2MW ini.

Menuurut Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNY Prof. Lia Yuliana raihan prestasi yang luar biasa baik P2MW maupun PKM akan dilakukan pendampingan secara rutin di tiap kelompok. “Harapannya dengan ini akan terus menambah prestasi bagi UNY” tutur Lia. Pendampingan akan dilakukan oleh tim dengan bantuan staf ahli serta tim adhoc untuk peserta agar dapat meraih juara.

P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta. Sedangkan PKM adalah sebuah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi. PKM dilakukan agar kelak mahasiswa dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, serta budaya. PKM juga menitik beratkan pada kreativitas dan inovasi mahasiswa yang berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Hal ini dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, berjiwa mandiri, dan tegas yang dapat memberikan dampak positif di masyarakat.
Dari 62 PKM terdanai UNY terinci menjadi 17 PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), 16 PKM Kewirausahaan (PKM-K), 10 PKM Riset Eksakta (PKM-RE), 9 PKM Karsa Cipta (PKM-KC), 7 PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), 2 PKM Karya Inovatif (PKM-KI) dan 1 PKM Penerapan Iptek (PKM-PI). Sedangkan untuk P2MW, Fakultas MIPA didanai 4 proposal, Fakultas Ilmu Sosial Hukum dan Ilmu Politik didanai 2 proposal, Fakultas Teknik didanai 9 proposal dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis didanai 4 proposal. Kategorinya terbagi atas bidang Industri Kreatif Seni dan Budaya, Manufaktur dan Teknologi Terapan, Makanan dan Minuman, Jasa Pariwisata dan Perdagangan, Budidaya serta Bisnis Digital.

Penulis
Dedy Herdito
Editor
Sudaryono
MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus