UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MEMANTAPKAN KERJA SAMA DENGAN ESZTERHÁZY KÁROLY UNIVERSITY

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan MoU UNY dengan Eszterházy Károly University

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Eszterházy Károly University (EKU) sebelumnya telah menandatangani Letter of Intent pada 27 Maret 2015. Dokumen LoI ini menjadi tonggak awal hubungan antara universitas yang berasal dari Hungaria dan Indonesia. Keinginan untuk memantapkan kerja sama, secara resmi diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan pada hari Senin, 2 September 2019 di Gedung Digital Library UNY.

Dalam acara ini, delegasi EKU dipimpin langsung oleh Rektor EKU, Dr. Kálmán Liptai.  Bersama Rektor EKU, turut  mendampingi Dr. Tibor Juhász selaku Wakil Rektor untuk Bidang Ilmu Pengetahuan dan Urusan Internasional dan Katalin Tayler selaku Kepala Pusat Hubungan Internasional.

“Kami bahagia dapat mengunjungi  negara anda untuk kesempatan yang kedua kalinya ini. Kunjungan ini luar biasa terutama bagi rekan-rekan saya yang baru pertama kali mengunjungi negara ini,” buka Dr. Kálmán Liptai.

Eszterházy Károly University (EKU) sebagai sebuah universitas memiliki sejarah panjang sejak didirikan pada tahun 1774 di Eger. Universitas ini memiliki program doktoral di bidang ilmu sejarah dan ilmu pendidikan.  Selain itu, terdapat beberapa unit penelitian unggulan yang terdiri dari Pusat Penelitian IoT (Internet of Things), Pusat Penelitian Pengembangan Kesehatan dan Ilmu Olahraga, Pusat Penelitian Makanan dan Anggur, dan Pusat Penelitian untuk Teori Pendidikan, Desain Media Pembelajaran dan Metodologi.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara strategis memiliki peluang kerja sama yang luas dengan EKU. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa universitas dari Hungaria ini sebenarnya juga berbasis kependidikan. Tercatat pada tahun 1828, Uskup Agung Johann Ladislaus Pyrker mendirikan pendidikan guru yang pertama di Hungaria. “Masa lalu kami adalah pedagogi. Oleh karena itu, kami berharap bahwa (penandatanganan MoU) ini  dapat menjadi jembatan bagi kedua universitas,” papar  Dr. Kálmán Liptai.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd menyatakan dalam sambutannya bahwa UNY berkomitmen dalam 3 aspek yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. UNY menyambut baik penguatan kerja sama dengan EKU. “Kita memiliki platform yang  sama untuk melaksanakan berbagai program kolaboratif yang ke depannya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd.  Rektor UNY juga berpesan bahwa kegiatan ini harus dilanjutkan dengan pembuatan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Arrangement (IA). (Laksa)