Tingkatkan Kolaborasi Riset Antar Penerima Beasiswa, Kelurahan LPDP UNY Selenggarakan Workshop Ramadhan Research Collaboration

1
min read
A- A+
read

Kegiatan LPDP UNY

Kelurahan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (LPDP UNY) sebagai organisasi yang mewadahi aspirasi penerima beasiswa LPDP di lingkungan UNY menyelenggarakan Workshop Ramadhan Research Collaboration pada hari Sabtu (16/3) bertempat di Ruang Sidang Utama Lantai 2 FISHIPOL UNY.  Kegiatan ini dihadiri 133 peserta penerima beasiswa LPDP yang berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA).

Acara dibuka secara resmi oleh Wecya Sugevin, S,Pd. selaku wakil lurah LPDP UNY 10.0. Wecya dalam sambutannya menekankan bahwa program kerja workshop Ramadhan Research Collaboration kali ini merupakan salah satu upaya improvisasi peningkatan skills menulis dan riset bagi awardee LPDP UNY, yang mana hal ini sangat jarang didapatkan di dalam kelas. “Saya harap dengan hadirnya rekan-rekan penerima beasiswa LPDP pada kegiatan ini mampu menghasilkan output berupa artikel ilmiah atau book chapter collaboration yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat luas” ucap Wecya.

M. Zaenal Abidin, S.Pd selaku Ketua Panitia Workshop Ramadhan Research Collaboration dalam laporannya menyampaikan tema kegiatan "Honoring Spirits Synergy & Collaboration: Easy Publishing." Tema ini dipilih agar para penerima beasiswa memiliki semangat untuk bersinergi dan berkolaborasi pada kegiatan riset maupun publikasi ilmiah. “Tidak hanya berhenti di workshop hari ini saja, tetapi program Ramadhan Research Collaboration ini juga akan kita laksanakan tindak lanjutnya dengan membuka kolaborasi book chapter yang akan kita bahas bersama pada kegiatan workshop kali ini,” jelas Zaenal.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh dua narasumber utama. Narasumber pertama Ezi Apino, M.Pd memaparkan materi mengenai 'Tips dan Trik Menulis dan Menembus Jurnal Terindeks Sinta 2 dan Scopus'. Narasumber kedua Febrian Wahyu Wibowo, S.E., M.E., memaparkan materi mengenai 'Crafting Knowledge: Panduan Praktis dalam Menulis Book Chapter'.

Salah seorang peserta Roni Eka Rahmat penerima beasiswa LDPP S2 Pendidikan dan Teknologi Kejuruan mengapresiasi kegiatan Ramadhan Research Collaboration. Roni merasa mendapatkan ilmu baru di bidang kepenulisan dan berharap kolaborasi riset ini dapat menghasilkan banyak karya yang dapat bermanfaat bagi penerima beasiswa dan masyarakat luas.

Acara diakhiri dengan penjelasan rencana tindak lanjut kolaborasi book chapter yang disampaikan oleh Zaenal. Dipaparkan mengenai tema buku, sub tema buku, time line, biaya dan feedback yang akan diterima oleh peserta yang akan mengikuti project book chapter.

Penulis: Panji Nur Fitri Yanto

Editor: Dedy

 

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus