Strategi Menulis Artikel Jurnal Ilmiah Dengan Tuntas, Efektif, dan Bersitasi

1
min read
A- A+
read

Pelatihan

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) menyelenggarakan Workshop Finalisasi Luaran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dana Internal bagi Dosen FMIPA UNY Tahap I, Selasa, 23/4/24 diruang sidang fakultas. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah  Prof. Dr. Abdul Rohman, S.F., M.Si., Apt., dari UGM.

Dr. Tien Aminatun, M.Si., Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk menjembatani tagihan luaran penelitian ada yang scopus, sinta 2, serta buku. Kegiatan ini diikuti oleh dosen-dosen yang masih mempunyai tagihan, serta dosen muda supaya mempunyai skill untuk menulis.

Prof.  Abdul Rohman memaparkan materi berjudul Strategi Menulis Artikel Jurnal Ilmiah dengan Tuntas, Efektif, dan Bersitasi. Pada paparan awalnya beliau memperkenalkan tampilan baru dari Scopus. Beliau juga menjelaskan beberapa jenis artikel seperti original research dan review article. Bagi dosen yang masih masuk ke lab, atau bimbingannya banyak, ini yang paling mudah mengerjakan original  research. Penulis original article tidak harus linier. Original article kita sudah tahu hasilnya. Menulis original article boleh dari bagian mana saja, boleh dari judul, boleh dari kesimpulan, atau yang lainnya. Original article ini cocok bagi dosen yang punya banyak waktu.

“Bapak ibu kalau mau submit artikel harus pilih full length original research atau short communication. Keduanya ada bedanya. Short communication, kalau punya data novalty-nya tinggi tapi datanya tidak cukup banyak. Jadi editor mempunya suatu jalan pintas untuk menerima sebagai short communication. Jumlah katanya juga hanya sekitar setengahnya. Jadi bapak ibu sudah merasa punya data bagus untuk  tulisan di jurnal tertentu tapi datanya kurang  maka pilihlah yang short communication.

Penulis: Witono

Editor: Dedy

IKU
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus