ROBOT ROSEMERY UNY JUARA PERTAMA KONTES ROBOT SENI TARI

1
min read
A- A+
read

ROBOT ROSEMERY UNY JUARA PERTAMA KONTES ROBOT SENI TARI

Rosemery sabet juara 1 dan Best Artistik dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah 1 tahun 2021 pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) yang diselenggarakan secara daring pada (23-25/9) dengan UGM sebagai tuan rumah. KRI wilayah 1 diikuti 58 perguruan tinggi dengan 140 tim dibagi dalam 6 kategori. Kontes Robot Indonesia adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.  KRI memperlombakan  6 (enam) kategori yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

UNY mengikuti keenam kategori di kontes ini, yaitu Tim Mobo-Evo (KRSBI-Beroda), Tim Gareng Punk (KRSI), Tim Al-‘Adiyaat dalam (KRSBI-Humanoid), Maestro-Evo (KRAI), Abhinaya (KRTMI) dan Rosemery (KRSTI). Dari keenam tim tersebut hanya Tim Rosemery dari divisi KRSTI yang berada di Wilayah 1 sedangkan 5 Tim lainnya berada di wilayah 2. Rosemery terdiri dari dua buah robot humanoid kembar yang dapat menari sesuai dengan tema Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) tahun ini, yaitu Tari Gambyong Pareanom yang berasal dari tarian tradisional daerah Provinsi Jawa Tengah tepatnya wilayah Surakarta. Tari Gambyong Pareanom ini berhasil dibawakan dengan gerakan elok dan lemah gemulai oleh 2 robot kembar ini. Ketua Tim Rosemery Alfirdaus Zaharda mengatakan bahwa tim juga sempat mengalami keterhambatan pada saat riset karena terjadinya lonjakan virus corona dimana ada anggota tim yang terjangkit. “Akhirnya diputuskan untuk membuat jadwal kehadiran dan menggunakan protokol yang ketat dalam riset” ungkapnya. Dia berharap kedepannya dapat diberikan kelancaran dalam tingkat nasional dan dapat  meraih hasil yang sama dari regional mengingat tim dari wilayah 1 dan 2 pasti menyiapkan strategi yang maksimal.

Tim Rosemery UNY terdiri dari ketua Alfirdaus Zaharda dari prodi Pendidikan Teknik Mekatronika dengan anggota Durrotun Berliana, Fatur Sena Alwafi, Julizar Handi Wijaya dan   Devi Nur Latifah prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, La Marzan dan Dotu Perangga Sakti prodi Pendidikan Teknik Elektronika, Burhan Dwi prodi Pendidikan Teknik Otomotif, Al-Fina Khusnaini prodi Pendidikan Teknik Boga, Lu`lu`ul Nabillah prodi Pendidikan Teknik Busana, Leandra Okta prodi Teknik Elektro serta Irwan Ardiansyah dan Safitri Yuliana Utama prodi D4-Teknik Elektronika. Dosen pembimbing Rosemery Herlambang Sigit Pramono, M.Cs merasa gembira dengan capaian yang diraih tim robot kembar tersebut dan berharap agar Rosemery dapat meraih prestasi di tingkat nasional. Hal ini adalah salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu. (Dedy)