REAL MADRID FOUNDATION DATANG KE FIK

1
min read
A- A+
read

REAL MADRID FOUNDATION DATANG KE FIK

Kamis, 17 Oktober 2019 FIK UNY mendapat kehormatan didatangi wakil dari Real Madrid Foundation yang berbasis di Spanyol. Mereka yang datang adalah Mrs. Rosa Roncal, beliau adalah Direktur Area International Real Madrid Foundation (RMF) dan Mr. David Gil Chapado, Head of Technical Departement RMF. Selain itu, adapula Prof. Toho Cholik Mutohir, dan juga perwakilan ISSD Foundation.

Maksud dan tujuannya adalah untuk Monitoring dan mengunjungi Real Madrid Foundation yang ada di Indonesia, khususnya di FIK UNY. Dulunya, ada 7 Sekolah Sosial Sepakbola yang didirikan oleh Real Madrid Foundation di Indonesia, namun seiring berjalannya waktu, hanya 2 yang masih bisa mengemban tugas mulia ini, salah satunya adalah Sekolah Sepakbola (SSO) Real Madrid Foundation di FIK UNY.

Sekolah Sepakbola Real Madrid Foundation yang didirikan sejak Mei 2012 adalah Sekolah Sosial yang sangat merakyat. Karena ingin merangkul segala lapisan masyarakat baik dari golongan tidak mampu supaya bisa mendapatkan edukasi, salah satunya dari olahraga sepakbola. Tidak hanya dalam permainan sepakbola, namun RMF juga menginginkan anak didiknya untuk memiliki ketrampilan, khususnya softskill untuk dapat hidup mandiri dan lepas dari berbagai problem sosial.

Mrs. Rosa menginginkan RMF khususnya di UNY membuka peluang untuk anak – anak perempuan supaya bisa ikut merasakan bermain dan bersosialisasi melalui SSO Real Madrid Foundation. Saat ini sudah ada 166 anak didik yang dinaungi oleh SSO RMF UNY, namun belum ada anak perempuan yang ikut serta di Sekolah Sosial ini. Kedepannya tidak hanya anak didik perempuan, namun diharapkan juga ada pelatih –pelatih wanita atau asisten pelatih wanita yang bisa ikut bergabung. Kesetaraan dalam Olahragapun sangat penting, kata Rosa.

Sebanyak 166 peserta didik SSO Real Madrid Foundation dibagi menjadi 3 kategori usia. Kategori A yaitu untuk anak 5 – 8 tahun, kategori B untuk anak usia 9 – 12 tahun dan Kategori C untuk anak usia 13 – 17 tahun. Dalam pelaksanaannya, SSO Real Madrid Foundation UNY didukung oleh 17 pelatih dengan dibantu 3 tenaga administrasi dan 3 volunteer dari kalangan mahasiswa. Kegiatannya dilaksanakan 4 kali dalam seminggu dan telah mencapai prestasi yang patut dibanggakan, seperti: Peringkat 3 dalam Piala Menpora U-14 2019, Peringkat 2 di kegiatan yang sama untuk kategori U-11.

Selain berolahraga, anak-anak didampingi orangtuanya juga melaksanakan kegiatan seperti mendatangkan Pelatih Nasional untuk memotivasi mereka, Nutrition Sharing untuk membantu orangtua lebih mengerti asupan nutrisi yang baik untuk anaknya. Selain itu, mereka juga dilatih untuk peduli kepada sesama yang sedang mendapatkan musibah, yaitu dengan Program – Program Charity untuk daerah di Indonesia yang sedang mendapat bencana alam.

Dalam bidang alumni, terdapat beberapa alumni SSO Real Madrid Foundation UNY yang berprestasi, baik di bidang prestasi cabang Olahraga sepakbola maupun bidang akademik. Beberapa alumninya juga melanjutkan studi pendidikan tinggi di UNY, khususnya FIK. Guntur Theo, Raihan Alfi Hakim, dan Frank Jose Theo Daat adalah alumni SSOReal Madrid UNY yang sekarang memperkuat tim PSS U-20 dan U-16. Sedangkan Fadhil Naufal Abyan saat ini adalah pemain SKO Ragunan.

SSO Real Madrid Foundation UNY mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. Dukungan dari UNY khususnya Fakultas Ilmu Keolahragaan serta besarnya animo masyarakat terhadap SSO RMF UNY memberikan support positif bagi SSO RMF sendiri. Kepercayaan juga telah diberikan selama lebih dari 7 tahun kepada UNY. (PD)