PENUTUPAN KEGIATAN MITRA DESA AWARDEE LPDP UNY DAN PENGAKTIFAN KEMBALI TBM DI RW 01 NGAMPILAN

1
min read
A- A+
read

PENUTUPAN KEGIATAN MITRA DESA AWARDEE LPDP UNY DAN PENGAKTIFAN KEMBALI TBM DI RW 01 NGAMPILAN

Tidak terasa sudah 3 bulan kegiatan mitra desa awardee LPDP UNY di RW 01 Kelurahan Ngampilan yang berjalan akhirnya harus selesai. Kegiatan ini dilakukan dengan menghidupkan kembali jam belajar masyarakat (JBM) dengan kegiatan belajar mengajar yang diadakan 4 hari/seminggu pukul 19.00 s/d 21.00 WIB oleh Awardee LPDP UNY dan ada sekitar 10-15 anak-anak kelurahan Ngampilan yang ikut berkegiatan di sana. Anak-anak ini rata-rata masih duduk di tingkat SD dan SMP.

Beragam tantangan dihadapi dalam kegiatan ini, tetapi semangat mengabdi teman-temn Awardee LPDP UNY memberikan stimulasi tersendiri agar program yang dicanangkan oleh Divisi Pengabdian Masyarakat Kelurahan LPDP UNY berjalan dengan lancar. Peserta didik atau anak-anak kelurahan ngampilan memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga perlu strategi mengajar yang tepat agar dapat memberikan pemahaman yang tepat kepada mereka. Selain itu, tantangan lainnya ada pada volunteer pengajar yang mana beberapa dari mereka memiliki agenda lain yang tidak bisa ditinggalkan sehingga belum semua dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi kegiatan belajar mengajar.

Berdasarkan hasil dari evaluasi dan koordinasi yang dilakukan oleh awardee LPDP UNY dan pengelola kegiatan belajar mengajar di sana, salah satu solusi yang ditawarkan adalah perlu mengaktifkan kembali Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di Kelurahan Ngampilan yang kemudian dinamai Sitigunan. Hal tersebut diresmikan pada acara yang diadakan pada tanggal 19 Oktober 2019, yang mana Awardee LPDP UNY mendonasikan 50 eksemplar buku dan beberapa alat permainan edukatif dengan harapan agar anak-anak di sana dapat tertarik dan sering berkegiatan di TBM Sitigunan.

Cindi, Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat LPDP UNY, mengucapkan terima kasih kepada warga RW 01 Kelurahan Ngampilan karena telah memberikan waktu dan tempat untuk kami, para awardee belajar lebih banyak di tengah masyarakat khususnya adik-adik di sini. Semoga kegiatan pengabdian ini dapat dilanjutkan oleh awardee LPDP UNY 2019.

Senada dengan Ketua Pengmas, Yogie, sapaan akrab Lurah LPDP UNY, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat RW 1 Kelurahan Ngampilan karena telah menerima dan memperbolehkan berkegiatan di sana, dan semoga apa yang dilakukan oleh teman-teman Awardee LPDP UNY dapat memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat kelurahan nagmpilaan.

Mulyoto, Ketua RW 01 Kelurahan Ngampilan mengucapkan, terima kasih kepada Awardee LPDP UNY atas partsisipasinya selama ini untuk masyarakat Ngampilan, dan semoga pengaktifan TBM Sitigunan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Tak lupa ia juga menyampaikan agar hubungan baik antara Awardee LPDP UNY dan masyarakat di sini tetap terjalin sehingga bias terus menjalin kerja sama dengan baik. (Ranu Iskandar)