Pengajian Rutin bersama Ibu Dharma Wanita Persatuan UNY

1
min read
A- A+
read

Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNY pada Jumat, 15 Maret 2024 kembali menyelenggarakan pengajian rutin guna meningkatkan iman dan takwa bagi para anggotanya. Adapun peserta pengajian kali ini adalah pengurus DWP UNY yang berjumlah 34 serta perwakilan dari masing- masing Fakultas serta Direkorat di lingkungan UNY. Pengajian yang bertempat di Gedung Laboratorium PAUD dan SD Lantai 3 FIPP ini menghadirkan narasumber dr. Linda Rosita, M.Kes.,Sp. PK. mengusung tema “Meraih Faedah Puasa Ramadhan dalam Aspek Agama, Sosial, dan Kesehatan”.

Eka Sapti Nurtanio sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan pengajian kali ini dalam sambutannya menjelaskan bahwa pemilihan Laboratorium PAUD dan SD yang saat ini digunakan sebagai tempat pengajian dikarenakan sanggup menampung hingga kurang lebih 200 peserta. Selain itu Ia juga menjelaskan bahwa tempat tersebut dilengkapi fasilitas tempat penitipan anak. “Saya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami dari DWP FIPP untuk menyelenggarakn pengajian kali ini” ujarnya.

Ketua DWP UNY, Sulastri Sumaryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa acara pengajian kali ini dapat menjadi ajang silaturahmi serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga Kesehatan terutama bagi yang mulai memasuki usia lima puluh tahun. Ia juga berharap setelah mengikuti pengajian ini dapat terbentuk sebuah karakter manusia yang lebih bersyukur karena sudah lebih dalam untuk memahami agama.

Dalam paparannya, dr. Linda Rosita, M.Kes.,Sp.PK. menjelaskan tentang manfaat puasa bagi kesehatan antara lain, detoksifikasi saluran pencernaan, menormalkan kadar gula darah, meningkatkan sensitifitas hormon insulin dan menyeimbangkan kadar hormon, menurunkan stress oksidatif, menurunkan komposisi lemak tubuh, menstimulasi autofagi dan menimbulkan reaksi empati berfikir. “Secara garis besar manfaat puasa adalah sebagai detoksifikasi yaitu membuang racun dari dalam tubuh dan sebagai autofagi yaitu sebagai proses alami tubuh untuk membuang sel yang rusak dan tidak berfungsi, sekaligus mengagantinya dengan sel yang baru,” ujar dr. Linda Rosita. Pada kesempatan kali ini Ia juga memberikan tips memilih makanan yaitu, memilih makanan yang sehat saat sahur, konsumsi makanan sehat saat berbuka puasa, banyak minum air putih, dan hindari minuman yang berkafein. Pada akhir paparannya dr. Linda Rosita menyampaikan bahwa “Shumu Tashihhu” (Puasalah niscaya kamu akan sehat). HR. al- Thabrani.
 
Penulis: Khairani Faizah
Editor: Ptasetyo Noviriyanto

IKU