Pelepasan Pertukaran Mahasiswa Merdeka UNY

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

UNY melepas 137 mahasiswa yang mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 di Ruang Sidang Utama Rektorat, Jumat (6/1). Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Siswantoyo mengatakan bahwa pelayanan mahasiswa program PMM tahun depan akan lebih ditingkatkan lagi seiring dengan berubahnya status UNY dari PTN BLU menjadi PTN BH. “Para mahasiswa PMM ditempatkan di asrama UNY Wedomartani yang dimulai 29 Agustus 2022 dan berakhir pada 6 Januari 2023” katanya.

PMM di UNY diikuti oleh 137 mahasiswa secara luring yang terdiri dari 36 mahasiswa putra dan 101 mahasiswa putri yang berasal dari 47 Universitas di Indonesia. Para mahasiswa tersebut berkuliah di 27 prodi yang ada di UNY dan wajib mengikuti kegiatan Modul Nusantara sebanyak 25 kegiatan yang fasilitasi oleh 7 orang dosen modul nusantara dan 7 orang mentor.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan inisiasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi berupa sebuah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama 1 (satu) semester yang akan mengajak para mahasiswa penerus bangsa, untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi (PT) terbaik di seluruh Indonesia. Melalui program ini, mahasiswa akan mendapatkan pengakuan kredit hingga 20 SKS. Mahasiswa juga dapat merasakan secara langsung keberagaman budaya nusantara, baik secara tertulis maupun praktik.

Dengan mengikuti PMM mahasiswa mendapatkan kesempatan dalam berbagai hal diantaranya mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah, belajar di kampus lain di Indonesia sekaligus mendapat pengalaman baru terkait nilai-nilai keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa. Di sisi lain mahasiswa mendapat kesempatan untuk merefleksikan nilai kebangsaan dan kebhinekaan yang dialami menjadi bagian dari sudut pandang dalam memahami kondisi riil yang mahasiswa temui sehari-hari.

Penulis : Pras

Editor : Dedy

MBKM