MENGHINDARI PLAGIARISME DENGAN MENDELEY

1
min read
A- A+
read

MENGHINDARI PLAGIARISME DENGAN MENDELEY

Karya ilmiah merupakan bagian penting dari dunia pendidikan. Dengan aplikasi Mendeley dapat memudahkan penyusunan berbagai bentuk tulisan karya ilmiah seperti tugas makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian, dan Jurnal Ilmiah. Mendeley desktop dapat memungkinkan untuk memperkaya sumber referensi riset, hasil penelitian, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan dan sitasi yang benar, mengelola dokumen referensi serta dapat pula membantu penulis mengetahui perkembangan riset terkini. Atas dasar itulah, Pengurus KMP (Komunitas Mahasiswa Pascasarjana) PPs UNY menggelar kegiatan Mendeley yang diikuti 76 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Pascasrjana Magister dan Doktoral.

Menurut Mashudi, S.Pd selaku Ketua KMP PPs UNY, kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan hardskill mahasiswa untuk menggunakan program aplikasi Mendeley. “Manfaatnya, akurasi sitasi dan kerapian sitasi pada artikel sangat signifikan terstruktur sehingga terhindar dari kegiatan plagirarism” jelasnya.

Kegiatan Mendeley kali ini dilakukan dengan beberapa inovasi baru yang berbeda dari tahun kemarin. Antara lain peserta tidak hanya dari mahasiswa Pascasarjana UNY saja tapi dari Universitas lain. Kemudian model pelatihan menggunakan kelas parallel, instruktur memberdayakan dari mahasiswa KMP yang banyak mengalaman terkait penggunaan Mendeley dimana 2 instruktur disediakan dalam 1 kelas.

Langkah-langkah ini kami ambil agar KMP UNY dapat mandiri dan menebarkan manfaat tidak hanya untuk mahasiswa UNY tetapi Mahasiswa dari universitas lain. Mashudi menambahkan bahwa Inovasi yang kami lakukan, sebanding dengan feedback peserta yang kami dapatkan berdasarkan survey kepada peserta menggunakan google form. Lebih dari 80% peserta merasa nyaman dengan kondisi kelas dan pemahaman materi dapat diterima dengan mudah. (kmp/ant)