MAHASISWA UNY MERAIH GOLD MEDL PADA AJANG INDES 2020

1
min read
A- A+
read

Mahasiswa UNY meraih Gold Medal pada ajang Internasional Invention, Innovation, & Design Competition INDES2020 yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi MARA, Perak Branch, Malaysia. Pengumuman pemenanang diumumkan via website pada tanggal 30 Oktober 2020.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Tim El-Bouy tersebut yaitu Hafizh Akbar (Prodi Pendidikan Teknik Elektro), Musa Beni Ricardo Aruan (Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika), Imam Cahyadi (Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika), Imaduddin Zanki (Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika), dan Apri Rohmanto (Prodi Sastra Inggris).

INDES2020 merupakan kompetisi Internasional yang bertujuan sebagai wadah bagi para akademisi, profesional, industri, lembaga pendidikan tinggi, dan siswa sekolah dasar / menengah untuk berbagi ide atau produk inovatif mereka, dan juga untuk membina jaringan di antara lembaga pendidikan yang berpartisipasi. Kompetisi ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara dan kategori, mulai dari Professional (dosen, guru, pakar praktisi, dan industri), mahasiswa perguruan tinggi, dan siswa sekolah.

Hafizh Akbar sebagai ketua tim mengatakan bahwasanya pandemi ini bukanlah sebuah penghalang untuk tetap berprestasi sekaligus berkontribusi. Dalam lomba ini, Hafizh dan teman-temannya mengangkat keresahan masyarakat tentang mahalnya biaya listrik selama pandemi, Hafizh dan tim membuat inovasi pembangkit listrik yang terintegrasi IoT untuk dilakukan pemantauan dan dapat digunakan pada masyarakat terpencil. Hafizh akbar juga mengatakan bahwasanya sudah selayaknya mahasiswa melakukan kolaborasi serta memberi kontribusi lebih melalui gagasan serta potensi apapun yg ia miliki, karena ia percaya bahwa pemuda hari ini adalah ujung tombak masa depan Indonesia yang dapat membangun Indonesia jauh lebih baik. (Hafizh Akbar)