KETUA BEM UNY 2020 TERPILIH

1
min read
A- A+
read

KETUA BEM UNY 2020 TERPILIH

Usai Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) UNY diselenggarakan pada Rabu, 18 Desember 2019, dilakukan rekapitulasi perhitungan suara di halaman rektorat UNY.

Hasil perhitungan suara menunjukkan bahwa posisi ketua dan wakil ketua BEM KM UNY dimenangkan oleh pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Bayu Septian & Rofidah Qonitah T. dengan jumlah perolehan suara sebanyak 5.637.

Pasangan ini unggul atas pasangan calon nomor urut 1, Moh. Luthfan Efendi & Khairunnisak dengan perolehan suara sebanyak 3.577.

Visi yang Bayu-Fida usung adalah mewujudkan BEM KM UNY sebagai inspirator yang bergerak kreatif, responsif, dan bersahabat. Adapun misinya adalah: membangun mahasiswa unggul melalui kaderisasi yang progresif, pelayanan advokasi transparan dan responsif, pengawalan isu internal dan eksternal melalui kolektivitas gerakan, dan menghimpun daya dan potensi masyarakat melalui sinergitas pengabdian.

Di antara program kerja yang populer dinyatakan Bayu-Fida adalah gerakan Kerabat Inspirasi. Bayu menjelaskan gerakan Kerabat Inspirasi merupakan gerakan inspiratif yang mereka gagas untuk mengabdi di mayarakat.

“Bentuknya nanti ada yang turun ke jalan menyuarakan keadilan dan membangun desa. Orang-orang itu dapat dijadikan contoh sosok inspiratif,” papar Bayu.

Pemilwa UNY tahun ini juga menjadi ajang uji coba sistem pemilihan daring. Ketua Bawaslu UNY, Abeyasa Audry mengakui bahwa panitia masih menjumpai kesulitan dengan sistem baru tersebut. “Karena pertama kali online ya tentu masih banyak koreksi-koreksi. Cuma ya, wajar,” jelas Audry, Rabu (18/12/2019).

Wakil Rektor III, Anik Ghufron juga menyatakan dukungannya terhadap tata cara pemilihan daring tahun ini. “Selain menghemat biaya, kita juga harus mengikuti perkembangan zaman,” komentar Anik.

Selepas hasil rekapitulasi dan diketahui hasilnya, penetapan ketua dan wakil BEM KM 2020 dilakukan pada Sabtu (21/12/2019) lalu. (Muhammad Abdul Hadi/JK)