Kenal Potensi Diri Dan Fokus Merupakan Kunci Sukses

1
min read
A- A+
read

Kegiatan motivasi mahasiswa baru

Kalau Anda saat mendengar dosen, teman atau orang tua bertanya tentang IPK, skripsi, kapan lulus lalu Anda menjadi sering masuk angin, mudah bosan, gampang bete, maka bisa jadi sukses bukan dream Anda. Untuk itu perlu cara bagaimana kita membangun asa dan merealisasikan mimpi. Untuk itu perlu fokus dan mengenali potensi diri kita. Inilah yang dikatakan Veny Hidayat, M.Psi. Psikolog dari Mitra Optima Talenta dalam kegiatan sosialisasi dan peningkatan motivasi belajar bagi mahasiswa baru penerima KIPK di Auditorium UNY baru-baru ini. Mitra Optima Talenta adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan pengembangan bisnis, organisasi, dan sumber daya manusia (SDM) serta mengedepankan pengembangan manusia yang kompetitif dan profesional. Lebih lanjut Veny Hidayat memaparkan bahwa  potensi diri adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Menurutnya potensi dasar yang wajib dimiliki individu sukses adalah karakter yang kuat berupa kejujuran, disiplin, berani dan gigih. Trainer dan konsultan sumberdaya manusia tersebut menjelaskan bahwa impian merupakan cita-cita yang tinggi dan luar biasa yang ingin diwujudkan sehingga rela berkorban dengan maksimal. “Kalau berhasil maka hati puas dan bahagia” katanya. Apabila ditemui kegagalan maka kembalikan pada pikiran karena semua berasal dari sini. Veny juga mengingatkan bahwa takdir yang terjadi tidak bisa diubah namun yang akan terjadi masih bisa diubah dengan takwa, silaturahim dan doa. Diungkapkannya bahwa untuk menggapai sukses diperlukan 7 area soft skills yang meliputi kemampuan berkomunikasi dan beroganisasi, kepemimpinan, logika, upaya, group skills dan etika.

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Lantip Diat Prasojo beasiswa KIPK yang dulu bernama Bidikmisi merupakan program pemerintah untuk membantu mahasiswa agar bisa mendapatkan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Harapannya mahasiswa dapat lulus dengan cepat dan segera memberikan kontribusi pada bangsa dan negara. “Semoga dengan kegiatan ini mahasiswa bisa belajar dengan rajin, segera lulus dan mendapat pekerjaan atau berwirausaha” kata Lantip. Mahasiswa juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi UNY selama kuliah karena banyak hal yang dapat dilakukan untuk menunjang kinerja kemahasiswaan.

Bidang kemahasiswaan UNY menempati peringkat 5 nasional, oleh karena itu bidang kemahasiswaan siap mendukung kegiatan para mahasiswa dalam bidang penalaran, seni, olahraga, kesejahteraan dan minat khusus. Selain itu juga ada kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan prestasi mandiri. Mahasiswa juga berkesempatan mengikuti lomba yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) tingkat nasional maupun internasional diantaranya Kompetisi Mobil Hemat Energi atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. (Sudar)