FT UNY SUKSES LAKSANAKAN PKM, DEKATKAN KUALITAS GURU SMK DENGAN TUNTUTAN DUNIA INDUSTRI

1
min read
A- A+
read

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) sukses melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Kemendikbud. Dalam hal ini, Prof. Ir. Moh. Khairudin, Ph.D sebagai koordinator telah berhasil menyusun modul tool kit praktikum robotika. Produk modul tool kit robotika ini dihibahkan kepada SMK bidang keahlian teknik otomasi industri, mekatronika, audio video dan elektronika industri di kabupaten Gunungkidul.

Selain memberikan hibah modul tool kit praktikum, kegiatan PKM juga memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para guru untuk memastikan agar modul tool kit praktikum robotika dapat diimplementasikan pada pembelajaran berbasis R.I 4.0. Kegiatan pendampingan dan pelatihan telah dilaksanakan pada Jumat hingga Ahad, 11-13 September 2020 di Aula SMK N 3 Wonosari. Acara dihadiri lebih dari 37 orang guru perwakilan SMK di Kabupaten Gunungkidul yang didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khairudin mejelaskan, latar belakang pembuatan tool kit ini karena negara Indonesia sebagai bagian dari entitas perkembangan teknologi yang sedang berusaha memastikan komponennya terkoneksi dengan perwajahan sistem otomasi dan robotika serta terintegrasi dengan IoT.

“Langkah strategis mongkoneksikan masyarakat Indonesia dengan perwajahan robotika dan IoT dapat secara efektif diwujudkan melalui dunia dan lembaga Pendidikan dan tentunya ini bagian besar dan terberat dalam meningkatkan relevansi dunia pendidikan dengan kompetensi yang dihajatkan di era RI 4.0, yaitu otomasi dan robotika yang terintegrasi dengan IoT, ujarnya.

“Gegap gempita peningkatan relevansi teknik otomasi dan robotika yang terintegrasi dengan IoT pada dunia pendidikan tidak hanya pada level pendidikan tinggi saja, melainkan juga harus sampai pada sekolah menengah terkhusus SMK sebagai ujung tombak penyiapan tenaga kerja pada level operator,” lanjutnya. (hryo)