FAKULTAS MIPA TAMBAH DUA PROFESOR

1
min read
A- A+
read

FAKULTAS MIPA TAMBAH DUA PROFESOR

Universitas Negeri Yogyakarta akan mengukuhkan dua guru besar pada Sabtu (28/12) di Rektorat UNY. Kedua guru besar yang dikukuhkan adalah Guru Besar dalam Bidang Ilmu Fisika Material Prof. Dr. Ariswan, M.Si., D.E.A dan Guru Besar dalam Bidang Evaluasi Pendidikan Matematika Prof. Dr. Heri Retnawati, S.Pd., M.Pd. Kedua guru besar tersebut berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dengan dikukuhkannya kedua guru besar ini UNY memiliki sejumlah 149 orang profesor.

Ariswan kesehariannya adalah dosen jurusan pendidikan fisika dan sekaligus menjabat sebagai Dekan FMIPA UNY periode 2019-2023. Ariswan menyelesaikan program sarjananya pada bidang ilmu fisika di Universitas Gadjah Mada tahun 1987, mendapatkan gelar magister bidang fisika material di ITB Bandung tahun 1992 dan magister Physique du Materiaux Electronique di Universite de Montpellier 2 Perancis tahun 1999 serta memperoleh gelar doktor Physique du Materiaux Elektronique di Universite de Montpellier 2 Perancis tahun 2002. Konsistensinya dalam menekuni bidang ilmu fisika menghasilkan beberapa karya ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.

Sedangkan Heri Retnawati adalah dosen pendidikan matematika di Fakultas MIPA. Heri Retnawati menyelesaikan program sarjananya pada bidang ilmu pendidikan matematika di IKIP Yogyakarta tahun 1993, mendapat gelar magister pada bidang ilmu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2003 dan mendapat gelar doktor bidang ilmu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2008. Heri Retnawati juga banyak menghasilkan karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional.

Kedua guru besar tersebut akan membacakan pidato ilmiah sesuai bidang ilmu masing-masing. Ariswan akan menyampaikan pidato ilmiah berjudul ‘Rekayasa Material Semikonduktor Sel Surya untuk Meningkatkan Produksi Energi Listrik Menuju Kemandirian Energi Nasional’ sedangkan Heri Retnawati akan memaparkan pidato ilmiah berjudul ‘Asesmen Pendidikan Matematika pada Era Society 5.0’’. (Dedy)