DWP UNY Mengunjungi dan Berbagi di Panti Asuhan Muhammadiyah Kyai Ahmad Dahlan Kulonprogo

1
min read
A- A+
read

Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta (DWP UNY) pada Minggu (17/3/2024) melaksanakan kunjungan ke Panti Asuhan Muhammadiyah Kyai Ahmad Dahlan Kulon Progo dengan dipimpin langsung oleh Ketua DWP UNY, Sulastri Sumaryanto.

Rombongan DWP UNY yang berjumlah 37 orang ini diterima langsung oleh pengelola sekaligus pengurus panti yaitu Juremi beserta istri. Dalam keterangannya, Juremi menjelaskan bahwa panti asuhan ini mengasuh sejumlah 32 orang anak yang terdiri dari anak yatim dan anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. Juremi juga menambahkan bahwa Ia mempunyai cita- cita mendampingi serta menyekolahkan anak- anak di panti hingga ke jenjang SMA atau bahkan Perguruan Tinggi. “Untuk tahun ini kebetulan ada 2 anak yang akan lulus dari bangku SMA, “ujar Juremi. 

Ketua DWP UNY, Sulastri Sumaryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan DWP UNY adalah untuk membantu serta berbagi sehingga bisa sedikit meringankan beban anak- anak panti. Sulastri mengatakan bahwa pihaknya siap memfasilitasi jika ada anak- anak panti yang berminat untuk meneruskan kuliah ke UNY.  “Kami akan membantu bagi yang berniat meneruskan pendidikannya ke UNY, bisa di jalur S1 maupun Vokasi,” kata Sulastri. 

Prof. Dr. Lia Yuliana, M.Pd., selaku Direktur Akademik dan Kemahasiswaan (DAKA) UNY yang ikut hadir dalam rombongan DWP UNY menyebutkan bahwa anak- anak panti bisa berkuliah di UNY nantinya dengan mendaftarkan diri untuk mengikui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang terkendala biaya. Profesor Lia Yuliana juga mengatakan  bagi yang ingin berkuliah di UNY bisa melalui jalur Talent Scouting yaitu jalur prestasi baik akademik maupun non akademik seperti Olahraga, Seni, dan Tahfidz quran. “Syarat jalur Talent Scouting ini adalah minimal juara 3 tingkat kabupaten atau Kota, “ kata Profesor Lia Yuliana. 

Acara kali ini diakhiri dengan penyerahan bantuan dari DWP UNY untuk panti asuhan Muhammadiyah Kyai Ahmad Dahlan berupa Bahan- bahan kebutuhan pokok, Alat Tulis, serta uang tunai.

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Prasetyo Noviriyanto

IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus