Delegasi Sekolah Pascasarjana UNY Sosialisasikan Program Studi Baru di Kalimantan Timur

1
min read
A- A+
read

Delegasi Sekolah Pascasarjana UNY

Dalam upaya memperluas jangkauan pendidikan tinggi di Indonesia, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan kunjungan yang penting ke beberapa perguruan tinggi dan institusi pendidikan ternama di wilayah Kalimantan Timur.

Delegasi UNY, yang dipimpin oleh Direktur, Wakil Direktur I, Koorprodi S2 PEP, Ilmu Lingkungan dan Manajemen Sumber Daya Manusia beserta staf akademiknya, memulai kunjungan mereka di Universitas Kutai Kartanegara (UNIKARTA) di Tenggarong. Rektor UNIKARTA menyambut baik kunjungan tersebut dan menyatakan minatnya untuk menjalin kerjasama lebih lanjut dengan universitas lain di Kalimantan Timur, seperti Universitas Widya Gama Mahakam (UNWANAGAM), Universitas Balikpapan (UNIBA), dan Universitas Mulawarman (UNMUL). UNY juga ditawari untuk berkolaborasi dalam mengembangkan program studi baru di UNIKARTA, yang saat ini hanya memiliki satu program magister di bidang pendidikan anak usia dini (PAUD).

Selanjutnya, delegasi UNY melanjutkan perjalanan mereka ke Universitas Islam Negeri Samarinda (UIN Samarinda) dan Universitas Mulawarman. Diskusi yang intens dilakukan dengan pimpinan universitas dan dosen-dosen terkait membahas upaya percepatan lulusan tepat waktu, peningkatan kualitas dosen, dan peluang kerjasama dalam berbagai bidang penelitian, terutama terkait dengan program magister baru yang ditawarkan oleh UNY.

Dalam pertemuan yang penuh antusiasme di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, delegasi UNY berdiskusi tentang potensi kerjasama dalam mengembangkan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah tersebut. Kunjungan UNY di Kalimantan Timur juga mencakup Universitas Widya Gama Mahakam, Institut Teknologi Kalimantan, dan Universitas Balikpapan. Wakil dari SPs UNY menjelaskan mengenai program studi S2 Ilmu Lingkungan dan Manajemen Sumber Daya Manusia yang baru diluncurkan, serta membuka peluang kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan lingkungan hidup.

Guna meningkatkan kerjasama antar-perguruan tinggi di Indonesia, kunjungan ini membuka pintu bagi kolaborasi yang lebih erat antara UNY dengan lembaga-lembaga pendidikan di Kalimantan Timur. Harapannya, kerjasama ini akan menghasilkan pencapaian yang signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia dan lingkungan hidup di wilayah tersebut.

Penulis: Anton

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus