BUPATI GUNUNGKIDUL BERSAMA REKTOR UNY RESMIKAN MASJID AL-IKHLAS, PURWOSARI, GUNUNGKIDUL

1
min read
A- A+
read

Bupati Gunungkidul bersama dengan Rektor UNY meresmikan Masjid Al-Ikhlas

Bertepatan dengan 1 Muharram 1442 Hijriah, atau Kamis (20/8) Bupati Gunungkidul bersama dengan Rektor UNY meresmikan Masjid Al-Ikhlas di dusun Karangtengah, Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan, “Bangunan masjid di atas lahan bersertifikat hak milik seluas 1.492 m2 ini terwujud karena donasi Jamaah IPHI UNY dan dari donatur lainnya. Masjid yang dibangun berukuran 14 x 14 m2 atau 196 m2 dan bak penampung air hujan berkapasitas 27 m3 dirancang oleh Dr. Ir. Nuryadin, M.Pd (dosen FT UNY) sedangkan total dana pengadaan lahan dan pembangunan masjid sebesar Rp.150.897.500.”

“Peletakan batu pertama  dilakukan pada tanggal 30 Mei 2019, oleh Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. (Rektor UNY), bersama Bapak Asekda I Gunungkidul, dan ketua IPHI UNY Prof. Dr. (Alm.) H. Djemari Mardapi, Ph.D.” urai Sutrisna. Lebih lanjut disampaikan bahwa,”Pembangunan masjid dimulai pada tanggal 15 Juli 2019 dan berlangsung selama 54 minggu,’ imbuhnya.

Sebelum mengawali sambutannya Rektor mengajak hadirin untuk membacakan Surat Al-Fathehah untuk alm. Djemari Mardapi yang telah mendahului kita, beliau yang merintis pembangunan masjid ini yang semula sebagai Ketua IPHI UNY.

Walaupun Masjid Al Ikhlas sudah diresmikan, tetapi IPHI UNY masih merencanakan penyelesaian pekerjaan yang belum terlaksana dan membutuhkan dana. Adapun pekerjaan tersebut adalah pengadaan kaca boven di atas pintu dan jendela, melamin pintu dan jendela, penyelesaian menara dan ruang ustad, dan paving halaman masjid.

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos. memberikan apresiasi kepada UNY, atas terbangunnya Masjid Al-Ikhlas. Badingah berpesan kepada masyarakat setempat untuk bisa memakmurkan masjid apabila ada kerusakan sediki silakan langsung diperbaiki tidak perlu lapor ke Pak Rektor. “Harapannya masjid ini menjadi pelopor penguatan iman dan takwa untuk masyarakat sekitar. Sehingga menjadi ladang ibadah bagi yang membangun dan umat yang memakmurkan,”imbuh Badingah.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan penguntingan pita oleh Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos., dan Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., disaksikan pimpinan UNY dan pengurus IPHI UNY, beserta hadirin semuanya. Rangkaian acara ditutup dengan shalat dhuhur berjamaah.

Hadir dalam peresmian Masjid Al-Ikhlas tersebut, antara lain Bupati Gunungkidul, Rektor UNY, Wakil Rektor I, II, III, IV, Kakandepag Gunungkidul, Kapolres Gunungkidul, Danramil Gunungkidul, Panewon Purwosari, Lurah Giricahyo, Dukuh Karangtengah, Pengurus dan Anggota IPHI UNY, dan staf UNY, serta masyarakat setempat. (Sud).