Asesor Lapangan D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

Program Studi D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi Fakultas Vokasi UNY mendapat kunjungan asesor lapangan BAN PT yaitu Syamsu Rijal, Dr., S.Sos., M.Pd (Politeknik Pariwisata Makassar), Santi Palupi Arianti S, Dr., MM (Universitas Agung Podomoro) dan pendamping Denisa Rufiana (BAN PT). Kunjungan diterima di Rektorat UNY, Jumat (26/4).

Mewakili Rektor, Prof. Soni Nopembri mengucapkan selamat datang pada para asesor. “Terkait prodi ini kami mendirikan Fakultas Vokasi untuk mendukung SDM utamanya ilmu terapan” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan tersebut. Embrio D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi berawal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. Akreditasi BAN PT ini selain pengakuan juga peningkatan kualitas khususnya pada prodi dan fakultas. Soni Nopembri berharap agar prodi ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Syamsu Rijal mengatakan bahwa tidak ada kehidupan yang lebih baik bila tidak disandingkan dengan pariwisata. “Ini adalah prodi langka, dan baru ada 1 di Bandung dibawah Kemenparekraf” ujarnya. Ia menyarankan agar prodi ini punya karakter yang berbeda sehingga menjadi rujukan, oleh karena itu perlu menonjolkan keunggulannya sehingga orang akan merasa menyesal apabila tidak masuk prodi ini.  Menurutnya sharing profit terbesar dari pariwisata adalah event, dan tantangan kedepan bagi Fakultas Vokasi adalah olahraga sebagai bahan baku yang bisa dicreate menjadi sport tourism, olahraga tradisional, olahraga prestasi, e-sport atau olahraga yang berhubungan dengan kesehatan dan healing. Selain itu juga ada sport event dengan konsentrasi pada special event, maka lulusannya akan dicari oleh EO. 

Kurikulum Prodi D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi UNY dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pengelola usaha rekreasi yang profesional. Mata kuliah yang ditawarkan di program studi ini diantaranya Manajemen Usaha Rekreasi, Pemasaran Usaha Rekreasi, Keuangan Usaha Rekreasi, Operasional Usaha Rekreasi, Sumber Daya Manusia Usaha Rekreasi, Hukum Usaha Rekreasi, Etika Usaha Rekreasi, Kewirausahaan Usaha Rekreasi serta Bahasa Inggris untuk Usaha Rekreasi. Lulusan Prodi D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi UNY dapat bekerja di berbagai bidang, antara lain Manajer usaha rekreasi, Pemasar usaha rekreasi, Staf keuangan usaha rekreasi, Staf operasional usaha rekreasi, Staf sumber daya manusia usaha rekreasi dan Wirausaha di bidang pengelolaan usaha rekreasi. Prospek kerja bagi lulusan Prodi D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi UNY sangatlah terbuka lebar. Dengan berkembangnya industri pariwisata di Indonesia, kebutuhan akan tenaga profesional di bidang pengelolaan usaha rekreasi semakin meningkat.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak