SATUAN PENGAWASAN INTERNAL (SPI)

Sejarah Singkat

Satuan Pengawas Internal (SPI) UNY berdiri pada tanggal 1 Maret 2009 berdasarkan SK Rektor No. 222 Tahun 2009, dimana pada waktu itu bernama Kantor Audit Internal (KAI). Sejak diberlakukannya statuta UNY Tahun 2011, maka per Januari 2012 berubah nama menjadi Satuan Pengawas Internal (SPI)

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 34 Tahun 2011 tentang Statuta Universitas Negeri Yogyakarta, pada Bagian Kesatu Pasal 14 bahwa Satuan Pengawasan Internal (SPI) UNY merupakan Organ Universitas yang menjalankan fungsi pengawasan bidang non-akademik untuk dan atas nama Rektor. Ruang lingkup pengawasan bidang non-akademik meliputi: (1) bidang keuangan, (2) bidang asset, dan (3) bidang kepegawaian.

Satuan Pengawasan Internal (SPI) Universitas Negeri Yogyakarta secara struktural berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Rektor. Meskipun berkedudukan di bawah Rektor, Satuan Pengawasan Internal (SPI) dalam menjalankan tugas profesinya, tetap memegang prinsip bersifat independen, obyektif, memiliki integritas, professional/kompetensi,  kerahasiaan, dan tidak terpengaruh oleh tekanan pihak manapun, serta memegang teguh Kode Etik Auditor SPI UNY.

Satuan Pengawasan Internal terdiri atas 5 (lima) orang anggota dengan komposisi keahlian sebagai berikut: (1) bidang akuntansi/keuangan, (2) bidang manajemen sumber daya manusia, (3) bidang manajemen asset, (4) bidang hukum, dan (5) bidang ketatalaksanaan.

 

VISI
Satuan Pengawasan Internal memiliki visi sebagai berikut:
Menjadikan Satuan Pengawasan Internal yang profesional dan independen, memberikan nilai tambah dan meningkatkan kinerja UNY bidang non-akademik, serta mengawal terciptanya “ Good university governance” untuk mencapai tujuan UNY berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

 

MISI

Satuan Pengawasan Internal memiliki misi sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pengawasan internal atas aktivitas manajemen disemua unit kerja dilingkungan UNY terutama dibidang non-akademik (keuangan, aset, dan kepegawaian).
  2. Menjadi mitra strategis bagi manajemen universitas dalam memberikan nilai tambah pada proses penyelenggaraan UNY terutama bidang non akademik.
  3. Membantu pimpinan untuk mendapatkan penilaian yang obyektif dan berkualitas atas pelaksanaan kegiatan dimasing-masing unit kerja di lingkungan UNY bidang non akademik.
  4. Mendorong pimpinan Universitas untuk meningkatkan penerapan tata kelola universitas yang baik (good university governance).

 

Tugas & Tanggungjawab

Dalam menjalankan fungsi pengawasan, Satuan Pengawasan Internal memiliki tugas dan tanggung jawab :

  1. Menetapkan kebijakan pengawasan internal bidang non-akademik;
  2. Melaksanakan pengawasan internal terhadap pengelolaan pendidikan bidang non akademik;
  3. Mengambil kesimpulan atas hasil pengawasan internal;
  4. Melaporkan hasil pengawasan internal kepada Rektor dan ;
  5. Mengajukan saran dan/atau pertimbangan mengenai perbaikan pengelolaan kegiatan non akademik kepada Rektor atas dasar hasil pengawasan internal.

Di samping melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut, SPI juga melaksanakan tugas-tugas lainya, yaitu sebagai berikut:

  1. SPI mempunyai tugas pokok melaksanakan pengawasan internal keseluruh unit utama dan unit lainnya dilingkungan UNY, terutama dalam bidang non akademik.
  2. SPI juga melaksanakan tugas insidental untuk melaksanakan pemeriksaan atau audit pada unit-unit bisnis yang dikelola oleh Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha (BPPU) Universitas yang ditetapkan dalam RKPT universitas, serta tugas insidental lainnya yang penugasannya berdasarkan SK Rektor/Pimpinan Universitas.
  3. Pengawasan internal meliputi : evaluasi dan monitoring, pemeriksaan atau audit, dan reviu atas penyelenggaraan universitas, serta jenis audit lainnya sesuai dengan hasil temuan dan kebutuhan.
  4. Tanggung jawab SPI termasuk menjaga integritas dan obyektivitas serta bertindak secara profesional seperti dipersyaratkan dalam standar profesi audit internal, serta menjamin tidak terdapat benturan kepentingan auditor anggota SPI dengan auditan dan kegiatan yang diaudit.

 

Wewenang

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Satuan Pengawasan Internal juga mempunyai wewenang sebagai berikut :

  1. Dalam menjalankan tugas dan fungsi, SPI memiliki kewenangan :
    1. SPI mempunyai akses terhadap seluruh dokumen keuangan dan kinerja, pencatatan aktivitas, manajemen aset, manajemen SDM, hukum dan ketatalaksanaan, fisik harta universitas dari seluruh bagian unit utama, dan unit-unit usaha/bisnis lainnya untuk mendapatkan data informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas audit.
    2. Monitoring dan evaluasi tindak lanjut rekomendasi hasil temuan audit dan pemeriksaan kepada pimpinan universitas secara berkala.
    3. Berwenang untuk meminta konfirmasi  kepada Rektor atau Pimpinan Universitas tentang pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi hasil temuan audit.
  2. SPI memiliki kewenangan untuk melakukan pengembangan dan pelatihan auditor untuk meningkatkan keahlian profesinya, baik yang dilaksanakan oleh intern SPI maupun pihak luar.
  3. SPI memiliki kewenangan untuk mengembangkan instrument kertas kerja audit dan buku pedoman audit internal yang relevan guna kelancaran pelaksanaan fungsi dan tugas SPI.

 

Struktur Organisasi Satuan Pengawasan Internal UNY

  • Ketua  : Drs. Ngadirin Setiawan, SE., MS.
  • Sekretaris : Ema Rachmawati, SE
  • Koordinator Bidang Keuangan  : Drs. Ngadirin Setiawan, SE., MS.
  • Koordinator Bidang Manajemen Aset  : Sigit Yatmono, MT
  • Koordinator Bidang Hukum  : belum terisi
  • Koordinator Bidang Ketatalaksanaan : Ema Rachmawati, SE.
  • Koordinator Bidang SDM dan Kinerja  : belum terisi.

 

Share/Save