Upacara Hari Pendidikan Nasional di UNY

1
min read
A- A+
read

Upacara Hardiknas

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan upacara Hari Pendidikan Nasional di halaman Rektorat, Kamis (2/5) yang diikuti dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Bertindak sebagai pembina upacara Rektor UNY Prof. Sumaryanto. Tahun ini Hari Pendidikan Nasional mengambil tema ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’. Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makariem dalam sambutannya yang dibacakan Rektor UNY mengatakan wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar. Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa Merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus dan kita sudah merayakan semarak karya karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi.

Dalam kesempatan ini Rektor UNY memberikan Penghargaan Prestasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Periode 1 April 2023 – 31 Maret 2024 pada 2328 mahasiswa. Meliputi Prestasi Bidang Penalaran sejumlah 723 Mahasiswa, Bidang Olahraga sejumlah 495 Mahasiswa, Bidang Seni sejumlah 620 Mahasiswa, Bidang Kesejahteraan Dan Minat Khusus sejumlah 639 Mahasiswa. Selain itu diberikan pula penghargaan pada mahasiswa berprestasi jenjang sarjana dan diploma secara simbolis.

Mahasiswa berprestasi program sarjana juara 1 Asma' Khoirunnisa (FMIPA), juara 2 Nur Evirda Khosyiati (FT), juara 3 Darmastuti Eka Hardiyanti (FBSB), juara harapan 1 Marlita Wulansari (FEB), juara harapan 2 Muhammad Naufal Alamin (Fishipol) serta juara harapan 3 Mega Setya Handayani (FIPP) dan Defara Oktaviana Putri (FIKK). Sedangkan mahasiswa berprestasi program diploma juara 1 Yosef Budiman, juara 2 Nashwan Nafis Putra Selian dan juara 3 Dwi Agus Arya Prima Putra yang semuanya dari Fakultas Vokasi.

Penghargaan prestasi mahasiswa diberikan secara simbolis pada keempat bidang yaitu penalaran, minat khusus, seni dan olahraga. Penghargaan bidang penalaran diberikan kepada Irvanda Sri Purwanto (Pendidikan Teknik Otomotif), Faisal Nugraha (Teknik Manufaktur) dan Huda Tama Putra (Pendidikan Teknik Mekatronika). Penghargaan bidang minat khusus diberikan kepada Mohammad Nabilah Abror (Manajemen), Muhammad Asrori Ainurrahman (Matematika) dan Boby Kurniawan (Ilmu Sejarah). Penghargaan bidang seni diberikan kepada Muhammad Rafie Wiradastinata (Ilmu Komunikasi), Gregorius Seto Ariwibowo (Pendidikan Kimia) dan Dini Larasati (Pendidikan IPA). Penghargaan bidang olahraga diberikan kepada Linda Sariyani (Ilmu Keolahragaan), Fatta Rozzaq Imam Fadzli (Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar) dan Anisa Wardani (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi).

Penulis
Dedy Herdito
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
MBKM
IKU