Rektor Beri Penghargaan Kepada 2.328 Mahasiswa UNY Berprestasi

1
min read
A- A+
read

Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024, bertempat di Halaman Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta diselenggarakan Upacara Bendera dan pemberian Penghargaan Prestasi Mahasiswa Periode 1 April 2023 – 31 Maret 2024 kepada 2.328 mahasiswa oleh Rektor UNY. Hal ini meliputi Prestasi Bidang Penalaran sejumlah 723 Mahasiswa, Bidang Olahraga sejumlah 495 Mahasiswa, Bidang Seni sejumlah 620 Mahasiswa, dan Bidang Kesejahteraan dan Minat Khusus sejumlah 639 Mahasiswa. 

Rektor UNY memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi jenjang sarjana dan diploma secara simbolis dari masing-masing bidang. Menurut Arwan Nur Ramadhan, M.Pd., Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Minat Khusus dan Penalaran Universitas Negeri Yogyakarta menyampaikan bahwa tujuan diserahkan penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi. “Tujuan diadakannya pemberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi ini adalah untuk apresiasi kepada capaian prestasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penghargaan pada capaian prestasi mahasiswa selama satu tahun dalam kurun waktu 1 April 2023 sampai dengan 31 Maret 2024. Tujuan lain untuk meningkatkan motivasi mahasiswa berprestasi lebih baik di masa yang akan dating utamanya untuk mendukung capaian kinerja Indikator Kinerja Utama (IKU 2)” jelas Arwan.

Lebih lanjut SA WR AKA ini menyampaikan bahwa langkah yang sudah dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah berkoordinasi dengan semua pihak di UNY untuk melakukan pembinaan di bidang Penalaran, Seni, Olahraga, dan juga Kesejahteraan dan Minat Khusus. Kedepan upaya yang akan dilakukan adalah tetap akan melakukan talent mapping untuk mahasiswa UNY agar bisa lebih terarah capaian prestasi mahasiswa di tahun 2024. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Kepala Subdit Kemahasiswaan dan Prestasi Yulianto Subagyo, S.T. yaitu adanya kegiatan penelusuran talent scouting calon mahasiswa, pembinaan mahasiswa yang memiliki potensi, penyelenggaraan lomba di internal untuk mengasah kemampuan sebelum mengikuti eksternal, dan pemberian reward dalam bentuk hadiah ataupun konversi nilai matakuliah.

Subdit Kemahasiswaan dan Prestasi menyebutkan bahwa mahasiswa berprestasi program sarjana juara 1 Asma' Khoirunnisa (FMIPA), juara 2 Nur Evirda Khosyiati (FT), juara 3 Darmastuti Eka Hardiyanti (FBSB), juara harapan 1 Marlita Wulansari (FEB), juara harapan 2 Muhammad Naufal Alamin (Fishipol) serta juara harapan 3 Mega Setya Handayani (FIPP) dan Defara Oktaviana Putri (FIKK). Sedangkan mahasiswa berprestasi program diploma juara 1 Yosef Budiman, juara 2 Nashwan Nafis Putra Selian dan juara 3 Dwi Agus Arya Prima Putra yang semuanya dari Fakultas Vokasi.

Penghargaan prestasi mahasiswa diberikan secara simbolis pada keempat bidang yaitu Penalaran, Minat Khusus, Seni, dan Olahraga. Penghargaan bidang Penalaran diberikan kepada Irvanda Sri Purwanto (Pendidikan Teknik Otomotif), Faisal Nugraha (Teknik Manufaktur), dan Huda Tama Putra (Pendidikan Teknik Mekatronika). Penghargaan bidang Minat Khusus diberikan kepada Mohammad Nabilah Abror (Manajemen), Muhammad Asrori Ainurrahman (Matematika), dan Boby Kurniawan (Ilmu Sejarah). Penghargaan bidang Seni diberikan kepada Muhammad Rafie Wiradastinata (Ilmu Komunikasi), Gregorius Seto Ariwibowo (Pendidikan Kimia), dan Dini Larasati (Pendidikan IPA). Penghargaan bidang Olahraga diberikan kepada Linda Sariyani (Ilmu Keolahragaan), Fatta Rozzaq Imam Fadzli (Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar), dan Anisa Wardani (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi).     

Apa yang dilakukan hari ini semoga mahasiswa UNY bangga menjadi mahasiswa di UNY dengan segala capaian prestasi yang diraih, loyal pada UNY, dan terus berkontribusi untuk kejayaan UNY.

Penulis
Sudaryono
Editor
Prasetyo Noviriyanto
Kategori Humas
IKU