Prof. Dr. Sugiyono, Guru Besar Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Penulis Buku Terbanyak bidang metode penelitian. Secara simbulis, piagam penghargaan diserahkan oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prod. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. berbarengan dengan upacara Dies Natalis ke-58 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (07/02/2019). Rektor UNY memberikan apresiasi setingi-tingginya terhadap pencapaian ini seraya berharap prstasi ini juga menginsipirasi seluruh civitas akademika UNY.
“Rekor ini adalah sebuah capaian yang luar biasa dimana Prof. Sugiyono telah menyumbangkan berbagai teori dan best practice yang telah memberikan banyak manfaat serta menjadi rujukan berbagai penelitian, tidak hanya bidang pendidikan namun juga sains dan sosial-humaniora,” ujar Rektor UNY
Sebelumnya Prof. Sugiyono juga dinobatkan sebagai Penulis Buku Terbanyak di Indonesia pada bidang Metode Penelitian oleh Persaudaraan Dosen Rebublik Indonesia (PDRI). Terhitung ada 16 buku bidang penelitian karya Prof. Sugiyono yang kerap dijadikan bahan referensi oleh banyak mahasiswa baik jenjang S1, S2 dan S3 di seluruh Indonesia. Selain tentang penelitian, Prof. Sugiyono juga aktif menghasilkan buku bidang fabrikasi, manajemen diklat dan, sosial-humaniora serta tema-tema kependidikan lainnya.
Buku-buku metode penelitian hasil karyanya sering menjadi literatur dalam mengerjakan karya ilmiah oleh dosen dan mahasiswa karena mudah dipahami. Beberapa karya Prof. Dr. Sugiyono diantaranya adalah “Metode Penelitian Kualitatif”, “Statistik Non-Parametris untuk Penelitian”, “Metode Penelitian Pendidikan”, “Metode Penelitian Tindakan Komprehensif”, “Cara Mudah Belajar SPSS & LISREL”, “Metode Penelitian Kebijakan”, “Statistika untuk Penelitian”, “Metode Penelitian dan Pengembangan”, “Metode Penelitian Kualitatif”, “Metode Penelitian Administrasi”, “Metode Penelitian Kombinasi” dan lain-lain.
Menurut Prof. Sugiyono, rendahnya kualitas sumber daya manusia sangat dipengaruhi oleh penyelenggaraan dan hasil pendidikan dari berbagai jalur, jenjang serta jenis pendidikan yang belum memadai.
“Rendahnya kualitas penyelenggaran dan hasil pendidikan antara lain disebabkan pembuatan kebijakan, pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi yang tidak didasarkan dari hasil penelitian yang memadai,” ujar dosen yang juga menjabat sebagai Kaprodi S2 dan S3 Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana UNY ini.
“Dalam meningkatkan kualitas pendididkan tentu hasil penelitian memegang peranan yang sangat penting dan untuk memastikan penelitian dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka perlu menggunakan metode penelitian yang tepat,” lanjut Asesor BAN PT ini.
Latar belakang itulah yang menjadi concern Prof. Sugiyono sehingga memproduksi berbagai buku tentang penelitian. (hryo)