“SIKAP” PROGRAM BARU UPPL

Mulai tanggal 22 Desember 2010 UPPL meluncurkan program baru online pendaftaran KKN PPL. Program ini diberi nama “SIKAP” (Sistem Informasi KKN PPL). Program ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja UPPL bersama program studi. Efektivitas mengacu pada ketepatan penempatan KKN-PPL sesuai dengan minat dan kebutuhan lokasi KKN PPL. Efisiensi mengacu pada pengertian kecepatan kinerja. Jadi diharapkan dengan program ini, ketepatan dan kecepatan kinerja –khususnya KKN-PPL- dapat ditingkatkan.

SIKAP produk UPPL bersama Puskom UNY ini memiliki fitur. INFORMASI, PENDFATARAN, GIS, dan UPPL. INFORMASI berisi berbagai hal terkait dengan pelaksanaan KKN PPL, antara lain waktu pendaftaran, cara pendfataran, syarat pendaftaran KKN PPL, kalender kegiatan, atau informasi lainnya.  

PENDAFTARAN berisi form pendaftaran mahasiswa. Hal baru dalam program ini mahasiswa dapat memilih lokasi KKN PPL sesuai dengan minatnya. Untuk dapat mendaftar sebagai calon peserta KKN PPL, mahasiswa harus terlebih dahulu membayar biaya KKN PPL sebesar Rp 300.000,00  dan mahasiswa yang mengambil PPL saja membayar Rp 230.000,00 di BPD Cabang Pembantu UNY. Dengan demikian mahasiswa yang lebih cepat mendaftar akan lebih berkesempatan memilih lokasi sesuai dengan minat dan kemampuannya. Semakin cepat mahasiswa mendaftar, semakin berpeluang untuk lebih leluasa memilih lokasi KKN-PPL. Namun, apabila lokasi itu telah terpenuhi sesuai dengan kebutuhan lokasi (sekolah, instansi, lembaga, klub), mahasiswa harus berpindah pilihan karena secara otomatis program akan menutup pilihan tersebut. Selain itu program juga memperhitungkan proporsi jenis kelamin. Setiap lokasi minimal ada dua pria untuk lokasi pada umumnya, sedangkan untuk SMK (STM) jumlah pria leluasa.

GIS : Geographich Information System. Mahasiswa yang ingin mengetahui informasi lokasi pilihan dapat membuka GIS. GIS ini menyediakan profil lokasi dari nama, alamat, telefon, jenjang sekolah, klasifikasi sekolah, tipe sekolah, prestasi, kegiatan kurikuler dan nonkurikuler,  jarak, nama DPL, dan peta dari kota terdekat. GIS ini dapat dicetak oleh pengakses (mahasiswa atau DPL). Dengan demikian tidak ada alasan mahasiswa dan DPL tidak mengetahui lokasinya. Khusus DPL KKN akan berada di lokasi yang sama 4 tahun agar lebih familiar dengan lokasi  sehingga mempermudah proses informasi, pembimbingan, dan apabila terjadi permasalahan akan lebih mudah diselesaikan.

UPPL. Mahasiswa juga dapat mengakses berbagai perkembangan UPPL. SIKAP di-link-kan ke web UPPL, yaitu http://uny.ac.id/unit-teknis/uppl. Berbagai perkembangan, berita, dan informasi  ke-UPPL-lan dapat diakses dari sini.

Sebagai program yang baru, terus akan dikajikembangkan untuk mereduksi hambatan.  Oleh karena itu, apabila para pengguna menemuhi hambatan, mohon dapat disampaikan melalui blog UPPL dengan alamat. http://blog.uny.ac.id/uppl/ atau di-email ke uppl@uny.ac.id. Blog dan email sebagai sarana dan wahana komunikasi dan interaksi antara UPPL dengan mahasiswa, DPL,  sivitas akademika UNY, dan stakeholder.