BIRO AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, DAN INFORMASI

logo_uny.jpgBIRO AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, DAN INFORMASIsucofindo

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA  


 

 

I.    Visi BAKI 2015-2019

“Sebagai unit pelaksana yang handal di bidang administrasi akademik, kemahasiswaan,  dan  informasi, yang mampu menunjang pembangunan dan pengembangan Universitas Negeri Yogyakarta menjadi universitas kependidikan kelas dunia yang berlandasakan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan”.

II.    Misi BAKI 2015-2019

  1. Menyelenggarakan layanan akademik yang berkualitas dan profesional bagi masyarakat belajar di dalam maupun di luar kampus, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi.
  2. Menyelenggarakan layanan kemahasiswaan  yang berkualitas dan profesional dalam rangka peningkatkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai penunjang kegiatan kurikuler
  3. Menyelenggarakan layanan informasi yang berkualitas dan profesional, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pengolahan data dan informasi.

III.    Tujuan

  1. Peningkatan kualitas dan profesionalitas pelaksana administrasi  pendidikan  dan evaluasi, registrasi dan statistik, sarana pendidikan, dan kerja sama dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi.
  2. Peningkatan kualitas dan profesionalitas pelaksana administrasi kemahasiswaan yang meliputi bidang minat, penalaran, dan informasi kemahasiswaan, serta layanan kesejahteraan mahasiswa dalam rangka menunjang aktivitas mahasiswa pada kegiatan ekstrakurikuler  sebagai penunjang kegiatan kurikuler.
  3. Peningkatan kualitas dan profesionalitas layanan sistem informasi yang mencakup pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data serta layanan informasi dalam rangka peningkatan dan pengembangan UNY.

 

Pimpinan Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi

Sukirjo, M.Pd.
Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Informasi 

Tempat, Tgl Lahir     :    Bantul 5 Juli 1967
Alamat                     :    UNY
Telepon                   :    (0274) 586168 psw 222
NIP                         :    19670705 199303 1 002

Pendidikan :

  1. SD Muh. Mulyodadi, Bambang Lipuro, Bantul (1979)
  2. SMP Muh. Bambang Lipuro, Bantul (1982)   
  3. SMA Muh. 2 Purbalingga Jawa Tengah (1985)
  4. Sarjana IKIP Yogyakarta (1990)
  5. Pasca Sarjana UNY (2005)

Pengalaman Kerja

a.    Struktural

  • Kasubag. Dana Masyarakat, Bagian Keuangan, Biro AUK (Juni 1999 - Mei 2008)
  • Kabag. Keuangan, Biro AUK (Juni 2008 - sekarang)
  • Kepala Biro AKI (Oktober 2013 - sekarang)

 b.    Nonstruktural

  • Subag. Keuangan, Bagian Keuangan dan Kepegawaian, Biro AU (September  1993 - 1996)
  • Subag. Monitoring dan Evaluasi, Bagian Keuangan, BAUK  (1997 - 1999)

 

Pengalaman Diklat

a.    Penjenjangan

  • Diklat Pim IV, 5 minggu (250 jam) SKB Sewon Bantul, 1999
  • Diklat Pim III, 7 minggu (360 jam) Pusdiklat Kemdiknas RI, 2010.
     

b.    Teknis

  • Diklat Sistem Akuntansi Pemerintahan (SAP), 2003
  • Pelatihan Akuntansi Pemerintah Kelas Manajerial, 2012

Tugas Pokok

  1. Menyusun Rencana dan Program kerja Biro sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada Kepala Bagian di lingkungan Biro sesuai dengan bidangnya;
  3. Memberi arahan kepada Kepala Bagian di lingkungan Biro untuk Kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Mengkoordinasikan kepada Kepala Bagian di lingkungan Biro dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik;
  5. Menyelia pelaksanaan tugas Kepala Bagian agar hasil yang dicapai sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan;
  6. Menilai prestasi kerja  Kepala Bagian  untuk bahan pembinaan dan pengembangan karier;
  7. Menelaah  peraturan perundang-undangan di bidang akademik, kemahasiswaan, dan informasi;
  8. Merumuskan saran alternatif di bidang administrasi akademik, kemahasiswaan,  dan  informasi berdasarkan masukan dari Kepala Bagian sebagai bahan penyusunan kebijaksanaan;
  9. Menyusun konsep memo Program Koordinatif Rektor berdasarkan ketentuan yang berlaku sebagai bahan masukan atasan;
  10. Menyusun kalender akademik berdasarkan data dan informasi dari fakultas serta memo program koordinatif Rektor sebagai pedoman kegiatan akademik;
  11. Menyusun naskah kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta sebagai bahan pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi;
  12. Menelaah persyaratan akademik jenjang jabatan dosen untuk mengetahui kelengkapan usul kenaikan jabatan akademik;
  13. Menyusun konsep penetapan angka kredit kenaikan jenjang jabatan dosen lektor madya kebawah berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  14. Melaksanakan penawaran dan seleksi calon penerima beasiswa berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  15. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan administrasi akademik,  dan  informasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  16. Memantau pelaksanaan kegiaatan administrasi akademik, kemahasiswaan,  dan  informasi untuk mengetahui perkembangannya;
  17. Mengevaluai pelaksanaan administrasi akademik, kemahasiswaan,  dan  informasi segagai bahan penyusunan kebijaksanaan;
  18. Melaksanakan kegiatan administrasi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan data dan informasi untuk kelancaran tugas;
  19. Menyusun laporan Biro sesuai dengan hasil yang dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas;
  20. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan

 

Share/Save