UNY PASTIKAN JADI TUAN RUMAH ICSEI KE 27 TAHUN 2014 DAN PERAYAAN ULANG TAHUN HUBUNGAN RI-JERMAN KE 60 TAHUN 2012

Setelah melalui presentasi dan “ujian” di depan 15 anggota Board of International Congress  for School Effectiveness and Improvement (ICSEI),  UNY melalui delegasinya, secara resmi dikukuhkan sebagai tuan rumah dan penyelenggara ICSEI ke 27 pada awal bulan Januari 2014 yang akan datang. Delegasi UNY yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Profesor Suwarsih Madya, Ph.D., dan Dr. Widyastuti Purbani  berhasil meyakinkan ICSEI Board bahwa UNY pantas dan perlu menjadi host konggres yang bakal menghadirkan sekitar 500 peserta dan mempresentaskan sekitar 150 makalah dari berbagai negara di dunia. Pengukuhan UNY sebagai tuan rumah disampaikan President ICSEI Prof. Lorna  M. Earl, Ph.D. di hadapan persidangan pleno ICSEI di kampus Malmo University, Swedia.

ICSEI merupakan asosiasi peneliti, penentu kebijakan, praktisi pendidik, politikus dalam peningkatan mutu dan efektifitas sekolah yang sangat kokoh, beranggotakan tak kurang dari 2500 orang yang tersebar di 50 negara di semua benua. ICSEI memiliki tradisi penelitian jejaring yang handal dalam semangat saling membantu dan berbagai ilmu di kalangan 3 P (peneliti, praktisi dan penentu kebijakan) di bidang school effectiveness and improvement.

Rektor UNY,  Profesor Dr. Rochmat Wahab menegaskan bahwa penunjukan UNY sebagai tuan rumah ICSEI merupakan suatu kehormatan dan tanggungjawab yang sangat besar, dan tidak “main-main”. Tidak saja nama UNY,  namun juga nama negara Republik Indonesia akan dipertaruhkan pada ajang terhormat tersebut. Oleh karena itu UNY harus bekerja keras mulai dari sekarang untuk menyiapkan event penting tersebut. Sepulang dari Swedia, Rektor beserta anggota delegasi segera merapatkan barisan untuk mempersiapkan hal-hal rerkait tema, pembicara kunci, pendanaan, sponsorship, marketing  dan venue konggres yang akan ditinjau oleh ICSEI Board pada Juli mendatang.

Dalam lawatan lanjutan ke Jerman, delegasi UNY juga bertemu Dubes RI untuk Jerman yang setelah menerima penjelasan Rektor mengenai seluk beluk UNY segera tertarik untuk menggandeng UNY sebagai tuan rumah peringatan ulang tahun hubungan bilateral RI-Jerman pada bulan Juni yang akan datang. Pada peristiwa yang akan dihadiri Dubes RI untuk Jerman dan Ambasador Jerman untuk RI tersebut UNY akan mengundang peneliti, praktisi dan penentu kebijakan pendidikan Indonesian dan Jerman untuk berdiskusi, tukar menukar pengalaman dan melakukan workshop bersama demi kemajuan pendidikan Indonesia dan Jerman demi kemaslahatan bangsa (purbani)