RINI NINGSIH JUARA I LOMBA PENGAWAS SD VIP SE-DIY DALAM RANGKA DIES FIP KE 61

Rini Ningsih, M.Pd terpilih menjadi juara I Pengawas VIP ( Visioner, Inovatif, Produktif)  yang diadakan oleh FIP UNY dalam rangkaian memperingati Dies Natalis FIP UNY ke 61.  Rini beserta Drs. Joko Prasetyo, M.Pd, juara II, Drs. Introko, M.A serta  Drs. Suhardiyanto  juara III bersama,  mendapat penghargaan yang diserahkan oleh Rektor UNY. Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A didampingi Dekan FIP. Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum pada peringatan Dies Natalis FIP UNY ke 61, Minggu 14 Agustus 2011.

Lomba yang diikuti  oleh para pengawas dari berbagai kabupaten di wilayah Yogyakarta, dibagi  beberapa tahap, yaitu penilaian portofolio, wawancara dan presentasi program kerja dan kunjungan para juri ke tempat kerja pengawas. Adapun tim juri terdiri dari para dosen Prodi Manajemen Pendidikan yang ahli di bidang pengawasan pendidikan serta Drs. Kudianta, seorang supervisor pengawas dari Dinas Propinsi DIY. Tujuan diadakannnya lomba pengawas VIP ini adalah mengapresiasi kinerja pengawas yang juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, karena tidak mudah menjadi pengawas. Mereka harus memiliki kompetensi kepribadian, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan dan sosial sebagaimana tertera dalam Permendiknas No 12 Tahun 2007. Dari hasil seleksi, terpilihlah empat besar untuk menjalani tes wawancara dan presentasi program kerja. Para pengawas terpilih adalah Rini Ningsih, M.Pd dari Bantul, Drs. Joko Prasetyo, M.Pd , Drs. Introko, M.A dari Sleman dan Drs. Suhardiyanto dari Bantul. Keempat peserta menjalani tes wawancara dan presentasi program kerja masing-masing dihadapan para juri.

Drs. Kudianta menilai lomba pengawas yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan UNY berhasil menemukan pengawas yang prestasinya lebih baik dari prestasi pengawas yang telah dipilih LPMP untuk dikirim ke tingkat nasional. Harapannya untuk tahun depan, lomba semacam ini dapat terselenggara kembali agar pengawas semaikn termotivasi untuk berprestasi. (humas fip/ls)