PERESMIAN GEDUNG LPPMP UNY

Rektor Universitas Negeri  Yogyakarta Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA meresmikan penggunaan Gedung Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta, (27 Maret )  di halaman LPPMP UNY. Hadir seluruh jajaran pimpinan UNY, Pimpinan Waskita serta tamu undangan lainnya.

Wakil Rektor II UNY Sutrisna Wibawa, M.Pd menjelaskan gedung LPPMP yang terdiri dari 4 lantai dipergunakan untuk keperluan perkantoran Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang terdiri dari pusat penjaminan mutu, pusat pengembangan praktek pengalaman lapangan, pusat pengembangan karier, pusat bahasa, pusat pengembangan profesi, pusat mata kuliah umum, pusat kurikulum instruksional dan sumber belajar, pusat profesi pendidik dan tenaga kependidikan dan non kependidikan serta pusat pendidikan karakter dan pengembangan kultur. Pembangunan gedung yang dikerjakan oleh Kontraktor PT Waskita Karya (Persero), Perencana PT Arsigraphi, dan Manajemen Konstruksi PT Mitra Plan, menghabiskan dana sebesar Rp.42.509.417,805 bersumber dari rupiah murni APBN Tahun 2011.

Lebih lanjut Sutrisna Wibawa  mengatakan berdasarkan rencana pengembangan kampus UNY 2011-2012 telah ditata masing-masing zona untuk berbagai kegiatan yaitu kegiatan akademik, perkantoran, kemahasiswaan, peribadatan, olahraga dan seni serta area bisnis. “Dari tahun ke tahun UNY telah berusaha mendapatkan sumber-sumber pendanaan di luar dana masyarakat untuk pengembangan kampus seiring dengan UNY menuju world class university dengan mengusulkan pengembangan kampus melalui dana APBN rupiah murni” kata Sutrisna. Sedangkan untuk Kampus UNY di Wates telah diselesaikan pembangunan dua unit Rusunawa bantuan dari Kantor Menteri Negara Perumahan Rakyat RI dan tahun ini akan dibangun gedung layanan akademik tahap pertama.

Dalam sambutannya Rektor UNY mengatakan bahwa gedung ini diperuntukkan bagi salah satu unit utama baru yaitu LPPMP yang merupakan unit penunjang yang diharapkan dapat memainkan peran penting bagi perbaikan dan peningkatan kualitas layanan pendidikan termasuk kegiatan akademik, penalitian maupun pengabdian pada masyarakat serta pembinan kemahasiswaan.  “Berdasarkan statuta baru beberapa unit yang sebelumnya berdiri sendiri-sendiri sekarang dipayungi dalam satu lembaga yaitu LPPMP”,  kata Rochmat Wahab, “Rektor berharap LPPMP dapat bekerja secara sinergis baik internal maupun eksternal di lingkungan UNY maupun diluar lingkungan UNY. Rektor UNY juga mengingatkan bahwa gedung LPPMP ini memiliki potensi yang dapat dioptimalkan penggunaannya, seperti atap gedung di lantai 5 yang masih memungkinkan untuk dibuat kantin dengan pemandangan latar belakang Gunung Merapi. (dedy/ls)