MEITA WULAN SARI MAHASISWA BERPRESTASI UNY 2013

Meita Wulan Sari, mahasiswa program studi Pendidikan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta, terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mapres) UNY tahun 2013 yang digelar dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-49 UNY. Dalam seleksi Mapres 2013, Meita menyisihkan tujuh kandidat Mahasiswa Berprestasi lainnya yang merupakan perwakilan dari tujuh fakultas di lingkungan UNY. Dengan keberhasilannya tersebut, Meita Wulan Sari berhak atas Piagam Rektor UNY, trophy, dan uang pembinaan.

Pada tahap selanjutnya, Meita Wulan Sari akan diusulkan UNY untuk mengikuti seleksi bakal calon peserta pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2013. Jika lolos, Meita Wulan Sari akan mewakili UNY dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional untuk bersaing melawan mahasiswa berprestasi wakil dari perguruan tinggi se-Indonesia.

Gadis kelahiran Sleman, 8 Mei 1991 tersebut mengaku terkejut dan tidak menyangka dapat terpilih sebagai  mahasiswa berprestasi. Untuk mencapai gelar tersebut, Meita Wulan Sari telah melalui berbagi seleksi yang wajib diikuti oleh peserta meliputi Presentasi Karya Tulis Ilmiah berbahasa Inggris, wawancara, kepribadian, kebugaran, dan penilaian portofolio.

Prestasi Meita juga cukup mengesankan di antaranya juara pertama call for paper yang diselenggarakan BEM FMIPA Universitas Indonesia dan juara III business plan yang diselenggarakan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Warga desa Serut, Madurejo, Prambanan, Sleman ini juga pernah menjadi peserta pertukaran mahasiswa ke Aichi University of Education Jepang.

Sejumlah karya juga pernah dihasilkan oleh alumni SMAN 5 Yogyakarta ini di antaranya sepatu multifungsi Biway yang dilombakan dalam Pimnas 2012, portable digester system, deodoran parfum spray dari ekstrak daun kenikir, serta lotion anti-nyamuk dari ekstrak batang brotowali.

Dekan FMIPA, Dr. Hartono, bersyukur atas tercapainya prestasi ini di mana selama dua tahun berturut-turut mahasiswa FMIPA terpilih sebagai mahasiswa berprestasi tingkat universitas. Dr. Hartono mengatakan bahwa pembinaan akademik di FMIPA memang mendapat perhatian lebih dan terbukti dengan jumlah usulan proposal PKM mahasiswa FMIPA selalu bertambah dari tahun ke tahun.

Label Berita: