MAHASISWA UNY JUARAI KOMPETISI WIKIPEDIA BAHASA JAWA

Tiga mahasiswa UNY menjadi juara kompetisi Papat Limpad 2012 yang diselenggarakan Wikimedia. Penyerahan hadiah sekaligus penutupan kompetisi yang berjalan selama 7 bulan ini dimulai Sabtu (8/6/2013), pukul 9 pagi di Ballroom 3 UNY Hotel, Jalan Colombo, Yogyakarta. Dari empat juara terpilih, juara pertama sampai ketiga adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah UNY, yakni Nur Hanifah Insani, Nofi Andari, dan Dony Dwi Hartanto. Sementara juara keempat, Atif Nur Cahyani, adalah mahasiswa IKIP PGRI Semarang. Keempatnya menerima hadiah laptop dan sertifikat.

Papat Limpad yang berarti ‘empat juara’ (fantastic four) adalah kompetisi menulis di situs Wikipedia Bahasa Jawa (jv.wikipedia.org) untuk enam universitas, antara lain Universitas Negeri Yogyakarta, IKIP PGRI Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Negeri Semarang.

Kegaitan yang bergengsi ini berlangsung selama 7 bulan, yakni dari Agustus 2012—April 2013. Papad Limpad 2012 ini adalah gelaran kali kedua setelah Papad Limpad 2011. Penyelenggaranya adalah Wikimedia Indonesia—pengelola situs pengetahuan bebas-gratis Wikipedia, didukung Wikimedia Swiss dan Wikimedia Perancis.

Kompetisi ini dirilis Mei 2012. Peserta diwajibkan menulis dan menyunting artikel di Wikipedia Bahasa Jawa tiap rentang waktu tertentu. Menurut juara pertama, Nur Hanifah, hingga April 2013 mereka ditargetkan menulis minimal 200 artikel baru. “Banyak banget,” katanya. Namun ia, Nofi, dan Dony pada akhirnya bisa menulis lebih dari 200 artikel. Sebelum mulai menulis, para peserta terlebih dulu mengikuti pelatihan penulisan.

Menjelang akhir kompetisi, peserta yang tersisa (karena digunakan sistem gugur) diminta mengajukan satu artikel pilihan dari sekian artikel yang mereka susun untuk dinilai juri. Hanifah memilih artikel berjudul “Candhi Sari” (jv.wikipedia.org/wiki/Candhi_Sari), sementara Nofi dan Dony masing-masing memilih “Anémon Segara” (jv.wikipedia.org/wiki/An%C3%A9mon_segara) dan “Arca” (jv.wikipedia.org/wiki/Arca).

Panjangnya masa kompetisi merupakan bentuk seleksi atas ketahanan menulis peserta. Peserta diharuskan menyunting sejumlah artikel tiap rentang waktu tertentu. Bila melewati batas waktu, mereka dinyatakan gugur.

Salah satu motivasi kompetisi ini adalah semangat sukarela untuk membebaskan pengetahuan, semangat yang mendasari Wikimedia. Turut serta dalam acara ini Duta Bebaskan Pengetahuan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Christian Sugiono. Menurut Christian, pengetahuan hakikatnya milik bersama yang tak bisa dikomersialisasi.

Selain itu, menurut Nunung Martini, Direktur Proyek Papat Limpad 2012, acara ini merupakan salah satu usaha menjaga keberadaan bahasa Jawa. “Bahasa adalah salah satu kekayaan,” kata Prasetyo, salah satu juri. “Kalau bukan kita, siapa lagi?” sambung Nunung.

Menurut Chris Woodrich, volunter Wikipedia asal Kanada, beberapa istilah Jawa lebih tepat bila dijelaskan dalam bahasa Jawa. Misalnya macapat. Dengan menuliskan pengetahuan, sukarelawan juga mendapat kesempatan untuk belajar hal-hal beragam.

Kompetisi ini dibatasi di enam universitas yang di antaranya memiliki Jurusan Bahasa Jawa untuk memudahkan penjurian. Wikimedia Indonesia berharap, kelak yang tergerak untuk menulis di Wikipedia Bahasa Jawa mencakup kalangan yang lebih luas. Hanifah, Nofi, dan Dony sendiri mengetahui lomba ini setelah diajak dosen mereka, Avi Meilawati, yang mengajar mata kuliah ekspresi tulis di Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNY. (Prima)