MAHASISWA FIP UNY BERJAYA DI KOMPETISI LOGIKA 2013 DI UNIVERSITAS INDONESIA

Lomba dan Kegiatan Matematika (LOGIKA) 2013 merupakan kompetisi dalam bidang Matematika yang diselenggarakan secara rutin oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Matematika, Universitas Indonesia sejak tahun 1997. Dalam pelaksanaan yang ke-11 di tahun 2013 ini, LOGIKA 2013 terdiri dari Kompetisi Matematika tingkat SMA dan Konferensi Matematika tingkat mahasiswa. Melalui tema yang diusung yaitu “Enjoying Mathematics”, LOGIKA 2013 dirancang sebagai ajang bergengsi secara nasional bagi para peserta dalam menyumbangkan ide terkait dengan ilmu Matematika sebagai ilmu dasar dalam kehidupan manusia. Melalui ide-ide tersebut, permasalahan-permasalahan bangsa dianalisis dan disintesis berupa solusi permasalahan yang terkait dengan ilmu Matematika.

Dalam konferensi tersebut dikompetisikan karya-karya mahasiswa berbentuk paper yang terbagi dalam tiga kategori atau tema besar yaitu Pendidikan Matematika, Matematika dalam Ekonomi, dan Matematika dalam Teknologi. Proses seleksi karya sendiri dimulai dari seleksi berupa abstrak paper. Kemudian abstrak dari tim yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama harus mengirimkan fullpaper untuk mengikuti seleksi tahap kedua. Hasil dari seleksi fullpaper merupakan finalis yang harus mempresentasikan karyanya pada konferensi LOGIKA pada tanggal 23—24 Januari 2013.

Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meloloskan empat tim karya yang semuanya berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan bersaing dengan tim-tim kuat dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dua tim berhasil menyumbangkan prestasi untuk Universitas Negeri Yogyakarta dengan memperoleh juara I dan II untuk kategori Pendidikan Matematika. Tim yang mendapatkan juara I tersebut yaitu Imam Ferly Hasan, Muhamad Ridwan, dan Aulia Azmi Masna dengan karya “NG-Braille sebagai Media Pembelajaran Bilangan Bulat untuk Anak Tunanetra”.

Sementara juara II yaitu karya yang berjudul “Pengembangan Funmath Pop-up sebagai Media Pembelajaran untuk Mengenalkan Konsep Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar” yang digawangi oleh Aulia Azmi Masna, Aisyah Zakiyah Fadhilah, dan Nurrina Dyah Puspita. Disusul oleh tim STKIP Surya sebagai juara III. Selain itu, untuk kategori Matematika dalam Ekonomi, tim dari Universitas Indonesia sebagai juara pertama dan Universitas Brawijaya sebagai juara kedua. Sedangkan juara untuk kategori Matematika dalam Teknologi secara berturut-turut yaitu ITS, ITB, dan IT Telkom. (Muhamad Ridwan/Dedy)

Label Berita: