O’zbekiston Davlat Jismony Tarbiya Va Sport Universiteti Uzbekistan Kerjasama Dengan UNY

1
min read
A- A+
read

MoU dengan Uzbekistan

O’zbekiston Davlat Jismony Tarbiya Va Sport Universiteti Uzbekistan mengunjungi UNY pada Senin, (29/4) di Ruang Sidang Utama. Delegasi Uzbekistan Sport University tersebut adalah Vice Rector for International Relations Prof. Zarifbayev Jasur Shavkatovich, Dean of Faculty of Management and Organising Sports Events Komil Ziyadullaev, Dean of Faculty of Water Sports Matnazarov Khayrulla dan Head of Department of International Cooperation Mukhriddin Yuldoshev.

Disambut oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha UNY Prof. Margana yang mengatakan bahwa UNY adalah salah satu dari 21 PTN BH yang ada di Indonesia yang aktif dan inovatif. “Kami berkeinginan menjadi perguruan tinggi kelas dunia, oleh karena itu kami jalin Kerjasama dengan perguruan tinggi di berbagai negara termasuk Uzbekistan” papar Margana. Wakil Rektor meyakini bahwa Uzbekistan Sport University dapat menjadi mitra yang baik, apalagi dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNY akan menjadi kolaborasi karena ada beberapa hal yang dapat dikerjasamakan seperti student dan staff mobility, riset bersama, joint publication, konferensi dan sebagainya. Harapannya kerjasama ini akan menjadi MoU yang aktif tidak menjadi sleeping MoU.

Menurut Prof. Zarifbayev Jasur Shavkatovich kunjungan ini sangat penting bagi universitasnya karena didukung Kementerian Olahraga Uzbekistan untuk kerjasama internasional. “Kami ingin bekerja sesegera mungkin mewujudkan MoU ini” katanya. Mereka mendukung sepenuhnya kerjasama yang akan dilakukan.  Dalam kegiatan ini dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Uzbekistan Sport University dan UNY serta MoU antara Dekan FIKK UNY dengan Dean of Faculty of Water Sports Uzbekistan.

O’zbekiston Davlat Jismony Tarbiya Va Sport Universiteti Uzbekistan adalah satu-satunya institusi pendidikan tinggi dasar di Uzbekistan yang mempersiapkan pelatih spesialis berkualifikasi tinggi di bidang olahraga. Pada tahun 1935 dibuka sekolah teknik pendidikan jasmani di Tashkent karena adanya kebutuhan akan pendidikan jasmani dan kebutuhan untuk melatih tenaga pendidikan jasmani dari kalangan masyarakat setempat. Namun, pada saat itu, spesialis berkualifikasi tinggi dilatih di kota-kota seperti Moskow dan Leningrad, dan kaum muda berbakat harus pergi ke kota-kota tersebut untuk belajar. Pada tahun 1949, Institut Pedagogis Negeri Tashkent dinamai Nizami, dan pada tahun 1951 di Institut Pedagogis Negeri Fergana, fakultas untuk pelatihan guru pendidikan jasmani dengan pendidikan tinggi didirikan. Namun fakta bahwa pria dan wanita muda mulai melakukan olahraga dan kebugaran secara teratur di masyarakat meningkatkan kebutuhan akan spesialis. Pada tahun 1955, hanya ada 247 spesialis dengan pendidikan tinggi di bidang pendidikan jasmani yang bekerja di lembaga pendidikan tinggi, sekolah, dan organisasi olahraga Republik. Oleh karena itu, masalah pelatihan pelatih olahraga yang berkualifikasi tinggi, wasit olahraga, spesialis pendidikan jasmani dan pendidikan jasmani industri, guru lembaga pendidikan, pemandu olahragawan, dan staf ilmiah harus segera diselesaikan. Masalah terbesarnya adalah kurangnya tenaga lokal dan lambatnya perkembangan pendidikan jasmani di daerah pedesaan. Oleh karena itu, perlunya peningkatan gerak pendidikan jasmani, mendidik generasi spesialis yang benar-benar baru dari segi kualitas, menjamin partisipasi aktif perwakilan masyarakat setempat dalam perlombaan olah raga menjadi alasan dikeluarkannya SK Nomor 5972 Pemerintahan Persatuan pada 13 Agustus 1955, dan keputusan No. 653 Dewan Menteri RSS Uzbekistan tanggal 27 Oktober Institut Pendidikan Jasmani Negara Uzbekistan didirikan.

Penulis
Dedy Herdito
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia